20 Putra dan Putri Terbaik Siap Berjuang Menjadi Duta GenRe Jawa Timur 2021

Surabaya – Sebanyak 20 (Dua Puluh) Putra dan Putri Duta GenRe dari berbagai Kabupaten dan Kota siap bejuang dalam tahapan seleksi dan penialain Grand Final Apresiasi Duta GenRe Jawa Timur Tahun 2021. Penganugerahan Duta Genre merupakan bentuk apresiasi BKKBN kepada remaja-remaja Indonesia yang telah secara sukarela (voluntary) menjalankan perannya sebagai Pendidik dan Konselor bagi sebayanya.

Yuyun Evriana S., S.E Sub Koordinator Sub Bidang Bina Ketahanan Remaja Perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Timur mengungkapkan bahwa Duta GenRe adalah brand ambassador Program GenRe bagi remaja-remaja lainnya. “Melalui upaya berbagai pengalaman dan praktik terbaik diharapkan dapat memberikan inspirasi dan terbangun semangat untuk terus berkreasi dan berinovasi dalam memberikan yang terbaik bagi remaja- remaja di daerah masing-masing” ungkapnya

Tahapan seleksi untuk tahun ini dilakukan secara virtual daring mulai tanggal 13 Juli 2021 mengingat masih di tengah-tengah pandemi covid-19 dan penerapan PPKM darurat. Peserta berasal dari Duta GenRe tingkat Kabupaten dan Kota yang telah mengikuti seleksi yang ketat. “Dari 65 peserta yang telah dikirim oleh Kabupaten dan Kota, telah dilakukan desk audit dan menataptkan 55 orang mengikuti tes berbasis daring yang terdiri dari 28 putra dan 27 putri, selanjutnya tim juri menetapkan 20 orang masing-masing 10 orang putra dan 10 orang putri sebagai finalis yang mengikuti seleksi dan penjurian secara langsung yang dimulai pada tanggal 13 Juli 2021 ini” paparnya.

Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Timur , Drs Sukaryo Teguh Santoso, dalam pembukaannya mengapresiasi semua remaja yang telah berjuang dalam mengikuti pemilihan Duta GenRe ini dan berharap semua peserta untuk terus berjuang dengan baik dan menjaga kesehatan selama mengikuti seleksi meskipun dilakukan secara virtual. “ Saya apresiasi kepada para peserta finaslis yang telah mengikuti seleksi cukup panjang sehingga terpilih 10 orang putra dan 10 orang putri terbaik yang mulai hari ini akan mengikuti tahap seleksi pemilihan duta GenRe Jawa Timur, di tengah pandemi ini semoga adik-adik tetap terus menjaga kesehatan selama mengikuti seleksi ini hingga nanti terpilih duta GenRe terbaik yang akan mewakili provinsi Jawa Timur” tutur Pak Teguh.

Pak Teguh berharap melalui kegiatan apresiasi seperti ini dapat terus menginspirasi bagi remaja yang menjadi pegiat Duta GenRe sehingga terus semangat dalam membantu mensosialisasi program-program bangga kencana terutama di kalangan remaja. ” remaja yang berkualitas tidak hanya bertanggung jawab pada dirinya sendiri tetapi juga kepada orang lain, kepada keluarga, masyarakat, bangsa dan negara”

Menurutnya  remaja merupakan kunci penentu masa depan baik sebagai penerus estafet pembangunan maupun sebagai calon ayah dan calon ibu yang akan melahirkan generasi berikutnya apalagi saat ini  24,80% populasi penduduk Jawa Timur adalah remaja . “ satu dari empat populasi adalah remaja, artinya cepat atau lambat para remaja akan mendominasi kelangsungan hidup berbangsa dan bernegara bahkan di antara mereka akan mewarisi sebagai pemimpin untuk bangsa dan negara ini. Jumlah yang banyak tentu akan menjadi sumber daya manusia yang bermanfaat di masa yang akan datang bila dapat dimanfaatkan dengan sebaliknya akan menjadi ancaman bila kita tidak bisa mengelola mereka dengan baik” jelasnya.

Untuk ini menurut Pak Teguh saat ini Pemerintah memfokuskan kegiatan peningkatan SDM remaja ini sebagai salah satu program prioritas nasional, salah satunya melalui Program GenRe. “Pembinaan ketahanan remaja melalui Program Genre merupakan salah satu upaya yang dilakukan dalam rangka menghapuskan perkawinan anak dan kehamilan pada remaja, melalui program ini setidaknya adik adik remaja memiliki jenjang pendidikan secara terencana dengan terus melanjutkan pendidikannya setinggi mungkin, berkarir dalam pekerjaan secara terencana, dan  menikah dengan penuh perencanaan sesuai fase reproduksi sehat” paparnya.

Pak Teguh berharap melalui ajang apresiasi ini dapat menciptakan remaja-remaja yang nantinya dapat role model yang mampu membantu menjadi contoh pada rekan sebayanya dalam menjalani kehidupan yang lebih baik. “ diharapkan mampu menyampaikan wawasan mengenai Pembangunan Keluarga, kependudukan, dan Keluarga Berencana, selain itu juga ditengah cobaan pandemic covid-19 ini saya ingin juga Duta Genre ini mampu melakukan sosialisasi untuk tetap menjalankan dan mematuhi protocol kesehatan” tambahnya

Tidak kalah penting menurut Pak Teguh diharapkan Duta GenRe dapat membantu melakukan melakukan sosialisasi untuk mencegah pernikahan di usia muda dan stunting, “stunting bukan sesuatu yang busa dicegah atau diantisipasi stunting bisa kita cegah salah satunya adalah dengan tidak melakukan pernikahan di usia muda, untuk itu adik-adik ini menjadi kunci yang strategis dalam melakukan sosialisasi pencegahan pernikahan di usia muda di kalangan remaja” pungkasnya.

Grand Final Apresiasi Duta GenRe ini akan dilaksanakan pada Hari Jum’at, 16 Juli 2021 secara virtual  dengan juri utama salah satunya  adalah Duta GenRe Jawa Timur,  Ibu Arumi Bachsin Emil Dardak (humas)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *