384 Poster KKB Dinilai Juri

384 Poster KKB Dinilai Juri

Sebanyak 384 buah poster Kependudukan dan Keluarga Berencana (KKB) yang diterima panitia Lomba Poster Perwakilan BKKBN Jawa Timur, masuk dalam tahap penilaian dewan juri yang dipimpin oleh Kepala Bidang Advokasi, Penggerakan dan Informasi Perwakilan BKKBN Jatim Waluyo Ajeng Lukitowati, SST, MM (17/10). Lomba poster KKB tahun 2013 kali ini lain dari sebelumnya, karena dewan jurinya melibatkan Pengelola Advokasi dan KIE dari seluruh Kabupaten Kota di Jawa Timur, yang pada hari itu sedang mengikuti  acara Fasilitasi Kebijakan dan Strategi  Advokasi dan KIE Pembangunan KKB di Gedung Lestari, Kantor Perwakilan BKKBN Jawa Timur, Surabaya.

“Dibandingkan peserta tahun 2013 lalu, peserta tahun ini meningkat dua kali lebih banyak, ini sangat menggembirakan. Apalagi nampak secara sepintas karya para peserta tahun ini lebih bagus,” ujar Kasubid Advokasi dan KIE Perwakilan BKKBN Jatim Shodiqin, SH, MM.

Makin bertambahnya peserta lomba serta makin meningkatnya kualitas poster KKB yang dibuat para peserta, diharapkan merupakan indikasi awal bahwa para remaja dan pemuda yang menjadi sasaran lomba ini makin kenal dan paham tentang program kependudukan dan keluarga berencana (KKB).

Hal ini sesuai dengan tujuan lomba yakni mensosialisasikan konsep pendewasaan usia perkawinan dalam persiapan keluarga kecil bahagia sejahtera.  Meningkatkan persepsi remaja terhadap makna pendewasaan usia perkawinan. Menyediakan media kreativitas bagi remaja dalam mempersepsikan  makna pendewasaan usia perkawinan ke suatu format gambar dan memperluas jaringan peduli pendewasaan usia perkwainan pada remaja dan keluarga.

Dari 384 poster KKB yang dinilai tersebut, 11 poster berasal dari kategori umur sampai dengan 13 tahun, 130 poster berasal dari peserta kategori umur 14 sampai 17 tahun dan dari kategori umur 18 sampai 24 ada 243 poster.

Dewan juri akan memilih tiga pemenang untuk masing-masing kategori sebagai juara tingkat provinsi. Dan setelah itu semua hasil karya peserta akan dikirim ke Jakarta untuk mengikuti seleksi tingkat nasional. Hadiah untuk tingkat provinsi akan diserahkan di Provinsi sedangkan pemenang lomba tingkat nasional akan menerima hadiah di Jakarta, dalam acara puncak yang digelar di TMII pada bulan November 2013.

Tahun 2012 lalu Jawa Timur berhasil merebut juara II untuk dua kategori. Diharapkan prestasi tahun ini akan lebih baik. (AT/Humas).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *