Adakan Integrasi Program Bangga Kencana di Kampung KB, Ibu Lucy Kurniasari Dukung Terus Program Kampung KB dan MOP

Surabaya –Anggota Komisi IX DPR RI, Ibu Dra Lucy Kurniasari mendukung terus pelaksanaan Program Kampung Keluarga Berkualitas dalam upaya untuk meningkatkan kesejahteraan keluarga di tingkat desa, hal di sampaikan dalam kunjungannya pada kegiatan Integrasi Program Bangga Kencana di Kampung KB Bersama Mitra yang di selenggarakan pada Hari Rabu, 23 September  2020 di Kampung KB Kelurahan Jepara Kecamatan Bubutan Kota Surabaya.

“Saya sudah memahami bahwa Program Kampung KB ini dibutuhkan oleh masyarakat dan saya merupakan salah satu yang setuju jika kampung kb ini terus dipertahankan. Saya harap kampung Keluarga Berkualitas ini akan terus maju dan memiliki kontribusi pada kesejahteraan keluarga, baik dari segi ekonominya, pendidikan maupun kesehatan, semua nya dapat terakomodasi di kampung KB ini”  Ungkap Ibu Lucy

Ibu Lucy juga terus mengajak agar masyarakat di Kampung KB Jepara untuk terus menerapkan pola hidup sehat dan bersih di tengah Pandemi Covid-19 ini. “Pertemuan ini tidak seperti biasanya selama ini saya sering turun ke lapangan di Kampung KB dan biasanya antuasias masyarakat banyak tapi mengingat saat ini dalam masa pandemi ya kita adakan pertemuan ini secara sederhana dengan tetap mengedepankan protokol Kesehetan , tetap memakai masker, jaga jarak dan jangan lupa untuk tetap mempertahankan kebersihan dengan mencuci tangan”. Ibu Lucy juga berharap bahwa kebiasaan ini terus dilakukan masyarakat untuk menjaga kesehatan bahkan setelah pandemi nanti berakhir. “Semoga paradigma ini terus bertahan dimana perilaku hidup bersih terus di pertahankan terus”.

Pada kesempatan itu Ibu Lucy juga mengajak masyarakat agar menunda dulu kehamilan selama masa pandemi mengingat resiko yang akan dihadapinya. “Untuk kontrasepsi ini saya harap juga agar ditunda dulu karena melahirkan anak di masa pandemi ini sangat beresiko, untuk dapat mendapatkan fasilitas kesehatan pasien harus dipastikan negatif dan itu harus melakukan swab padahal pada waktu itu swab sangat mahal meskipun Alhamdulillah sekarang sudah lebih terjangkau bahkan ada swab massal gratis”. Beliau juga menyuarakan dukungan untuk pria agar juga mengikuti program KB melalui Metode Vasektomi atau lebih dikenal dengan Metode Opreasi KB Pria (MOP). “Saya termasuk yang mendukung KB dilakukan tidak hanya untuk perempuan tetapi juga oleh laki laki, saya akan terus menyuarakan MOP ini pada masyarakat, karena kita tahu bahwa seorang ibu sudah berjuang untuk melahirkan seorang anak, jadi sudah waktunya juga bapak-bapak ikut ber KB tidak harus Perempuan terus yang Ber-KB” ungkapnya.

Sementara itu Deputi Bidang Pengendalian Penduduk, Ibu Dr. Ir. Dwi Listyawardani, M.Sc., Dip.Com mengapresiasi tinggi peran Kepala Desa dan Tenaga Lini Lapangan Penyuluh KB dalam keberhasilan Program Kampung KB.” Apresiasi yang tinggi kepada Bapak Kepala Desa di Jepara ini dalam mendukung keberhasilan Kampung KB Jepara sehingga mampu meraih juara II Lomba Kampung KB Tingkat Kota Surabaya, terimakasih kepada tenaga Penyuluh KB, Kader dan Masyarakat yang telah membantu keberhasilan Kampung KB”. Ibu Dani, panggilan akrab Deputi Pengendalian Penduduk tersebut menekankan bahwa perlunya masyarakat untuk memahami empat isu atau lebih dikenal dengan Empat Terlalu (4T), yaitu terlalu sering, terlalu banyak, terlalu muda, dan terlalu tua, untuk mencegah stunting dan permaalahan Gizi terutama di Kampung KB. “Karena Empat Terlalu inilah yang menjadi sumber ‘stunting’ (kekerdilan) sehingga diperlukan Progam-program di Kampung KB yang mampu mebantu Masyarakat dalam memahami dan menghindari 4 T tersebut, salah satunya persiapan pra nikah bagi para remaja” ungkap Bu Dani.

Selanjutnya, Deputi Bidang Pengendalian Penduduk berharap terus dukungan dari Kimisi IX DRP RI untuk terus membantu mensosialisasikan Program Bangga Kencana termasuk di antaranya Kampung Keluarga Berkualitas ini. “Kampung KB di evaluasi oleh komisi IX untuk dilihat apa kampung Kb ini layak untuk dilanjutkan dari hasil kunjungan ternyata ketika di lini bawah banyak yang masyarakat butuh sehingga ketika masyarakat butuh tentu saja program ini harus terus di lanjutkan, saya harapkan Ibu Lucy agar terus bersedia bekerja sama dengan BKKBN untuk terus terju ke masyarakat, terjun ke lapangan dalam mendukung Program Bangga Kencana, Apa yang kita laksanakan di lapangan adalah untuk memenuhi kebutuhan di masyarakat” ungkap Bu Dani.

Sementara itu di lain kesempatan Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Timur, Drs Sukaryo Teguh Santoso, M.Pd mengungkapkan bahwa Anggota DPR RI adalah mitra kerja BKKBN, BKKBN tidak bisa bekerja sendiri tanpa ada dukungan bantuan dari mitra. “kegiatan ini merupakan rangkaian kunjungan kerja Anggota DPR RI Komisi IX, sebagai fungsi evaluasi dan pengawasan untuk program-program pemerintah”. Ungkapnya (humas)