Apel Besar Kwartir Daerah JAWA TIMUR Dalam Peringatan HARI PRAMUKA KE 50 TAHUN Di Grahadi Surabaya

Apel Besar Kwartir Daerah JAWA TIMUR Dalam Peringatan HARI PRAMUKA KE 50 TAHUN Di Grahadi Surabaya

Gerakan Pramuka adalah suatu lembaga pendidikan luar sekolah yang mempunyai tugas pokok membina generasi muda Indonesia agar menjadi kader pembangunan yang bermoral Pancasila dan ikut membangun masyarakat, bangsa dan Negara. Gerakan Pramuka juga merupakan salah satu wahana pengembangan bagi para generasi muda Indonesia dalam mewujudkan generasi yang tangguh, berbudi pekerti, dengan mengedepankan semangat persatuan dan kesatuan serta cinta tanah air yang lebih ditujukan pada setiap kegiatannya.

Maka bukan suatu hal yang berlebihan apabila program Kependudukan dan Keluarga Berencana (KKB) juga melakukan sinergi dengan Gerakan Pramuka dalam upaya mencapai visi Program KKB yaitu “Penduduk Tumbuh Seimbang” yaitu dengan mengembangkan Satuan Karya (Saka) Kencana yang bertujuan membentuk tenaga kader pembangunan dengan membekali pengetahuan dan keterampilan praktis dalam sosialisasi dan pelayanan program KKB pada masyarakat.

Pada peringatan Hari Pramuka ke 50 Tahun,  2 pasukan upacara SAKA Kencana berbaur bersama ratusan pasukan upacara dari gugus depan dan SAKA lainnya mengikuti Apel Besar Kwartir Daerah Jawa Timur Peringatan Hari Pramuka ke 50 Tahun yang dilaksanakan di Gedung Negara Grahadi tepat pada tanggal 14 Agustus 2011, dengan pimpinan apel besar adalah Kak Sukarwo (Gubernur Jawa Timur selaku Ketua Majelis Pembimbing Daerah  Gerakan Pramuka Kwarda Jawa Timur). Sedangkan Ketua Kwarda Jawa Timur bersama Para Majelis Pembina Daerah (MABIDA) Gerakan Pramuka Jawa Timur juga hadir dalam kegiatan tersebut; salah satunya MABIDA Saka Kencana yaitu Ibu Djuwartini, SKM, MM (Ketua Perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Timur) dan didampingi oleh Ibu W.A Lukitowati, S.St, MM (Kepala Bidang Advokasi, Penggerakan dan Informasi).

Adapun pasukan upacara dari unsur Saka Kencana terdiri dari ; 20 orang peserta (putra-putri) dari Saka Kencana dari SMA Negeri I Manyar, Kabupaten Gresik dan 20 orang dari Saka Kencana dari Gugus Depan Kecamatan Semampir, Surabaya.

Sebagai salah satu instusi pemuda, Gerakan Pramuka khususnya Saka Kencana memiliki potensi yang sangat strategis dalam mendukung program KKB melalui berbagai pelayanan meliputi; pelayanan KB, kesehatan Reproduksi Remaja, Bina ketahanan dan pemberdayaan ekonomi keluarga, pendataan penduduk dan keluarga.

Mengingat kegiatan ini sangat potensial untuk membentuk karakter generasi muda sebagaimana ditekankan dalam sambutan Gubernur Jawa Timur selaku Pembina Upacara, Kak Sukarwo; setelah menyampaikan sambutan tertulis Ka.Kwarnas pada Apel Besar tersebut. Sesuai dengan tema Hari Pramuka saat ini ” Pramuka Penyelamat Generasi Muda” ; dalam sambutannya juga Pembina Upacara  meminta Pramuka untuk lebih peka terhadap persoalan kongkrit masyarakat. Di antaranya adalah agar Pramuka ikut aktif dalam memerangi bahaya Narkoba dan membantu masyarakat menjadi sukarelawan ketika ada demam berdarah yang menyerang. “Kebutuhan yang diminta masyarakat adalah hal-hal yang sifatnya konkrit. Seperti Pramuka bisa fokus pada narkoba atau pada salah satu contoh, dan ketika pada waktu demam berdarah”.

Ditambahkannya, Gerakan Pramuka yang merupakan salah satu pilar pendidikan kaum muda di Indonesia dituntut dapat memberikan kontribusi secara nyata dalam kehidupan, terutama dalam menyelesaikan masalah kaum muda. Revitalisasi gerakan Pramuka yang intinya mengaktifkan kembali gugus depan di seluruh Indonesia tidak akan terlaksana jika tidak mendapat dukungan dari oang tua, masyarakat dan pemerintah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *