April 2019, BKKBN Provinsi Jawa Timur Lahirkan 10 Judul Penelitian tentang Remaja dan Kependudukan

SIDOARJO (Harjatim) – Pelatihan dan Pengembangan (Latbang) Perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Timur bersama lima perguruan tinggi di Jawa Timur berhasil menyelesaikan sepuluh judul penelitian dengan menggunakan data Survei Demografi dan Kesehatan Indonesia (SDKI) dan Survei Kinerja dan Akuntabilitas Program KKBKP (SKAP) 2018. Banyak temuan oleh tim peneliti ini diharapkan bisa menjadi media evaluasi dan perbaikan program KKBPK di Jawa Timur.

Kepala Sub Bidang Program dan Kerjasama Pelatihan dan Pengembangan (Latbang) Perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Timur, Iswari Hariastuti mengatakan dari kegiatan Workshop Analisis Lanjut Survei Demografi dan Kesehatan Indonesia 2017 dan Survei Kinerja dan Akuntabilitas Program 2018 yang sudah dilakukan pada Februari 2019 lalu telah terbentuk 10 tim peneliti, seiring dengan berjalannya waktu, diskusi dengan para pakar dan proses mengolah data yang ada akhirnya di Bulan April 2019 ini berhasil diselesaikan 10 judul penelitian tentang remaja dan kependudukan.

“Alhamdulillah, di Jawa Timur ini sudah ada 10 judul penelitian dengan rincian 5 judul penelitian menggunakan data SDKI 2017 dan 5 judul menggunakan data SKAP 2018,” kata Iswari saat acara penutupan Workshop Finalisasi Penyusunan Laporan Analisis Lanjut Survei Demografi Kesehatan Indonesia (SDKI) dan Survei Kinerja dan Akuntabilitas Program KKBKP (SKAP) 2018 di Premier Place Hotel, Jumat (12/4)

Iswari menambahkan selain menghasilkan 10 judul penelitian, tim peneliti juga berhasil menyelesaikan 10 poster.

Ditempat yang sama Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Timur, Yenrizal Makmur mengatakan di BKKBN ini banyak data yang memang masih perlu untuk diolah dan dianalisis. Sebab, selama ini data yang ada hanya bisa dibaca oleh beberapa kelompok saja. Padahal dari data yang ada bila dilakukan analisis bisa menjadi evaluasi dan akan ada rekomendasi untuk menyempurnakan kebijakan dan program KKBPK di Indonesia khususnya di Provinsi Jawa Timur.

“Di Indonesia, baru Provinsi Jawa Timur yang melakukan kegiatan ini dan saya sangat bangga karena dari kegiatan ini telah membuat 10 judul penelitian dan 10 poster yang bagus-bagus,” kata Yenrizal di depan 40 orang peneliti dari Jawa Timur ini.

Yenrizal menambahkan poster yang sudah dibuat oleh para tim peneliti ini bagus dan sangat komunikatif dan penuh dengan data valid.Dengan adanya tim peneliti ini, pihaknya sangat senang karena banyak temuan-temuan yang bisa menjadi bahan evaluasi bagi pelaksanaan program KKBPK di Jatim.

“Kalau melihat sekilas dari poster-poster yang ada, kami banyak mendapatkan rekomendasi yang sangat kami butuhkan dalam rangka untuk menyukseskan program KKBPK di Jawa Timur ini,” tandasnya.Sis

 

Sumber : https://harianjawatimur.com/2019/04/12/bkkbn-april-2019-provinsi-jawa-timur-lahirkan-10-judul-penelitian-tentang-remaja-dan-kependudukan/