Bangkalan Punya 18 Kampung KB

Bangkalan Punya 18 Kampung KB

BKKBN Jatim – Sebanyak 18 Kampung KB di seluruh kecamatan di Bangkalan dicanangkan pada Rabu (04/10). Acara yang dilaksanakan di Desa Binoh Kecamatan Burneh Bangkalan tersebut dihadiri beberapa pemangku kebijakan. Diantaranya, Kepala Perwakilan BKKBN Jawa Timur Yenrizal Makmur, Wabup Bangkalan KH Mondir a. Rofii, Forkopimda Bangkalan serta Kepala OPD KB Bangkalan Tamar Djaja.

Pada sambutannya, Yenrizal menjelaskan awal mula dicanangkannya Kampung KB secara nasional oleh Presiden Jokowi pada 14 Januari 2016 di Desa Mertasinga, Jawa Barat.
Kampung KB merupakan salah satu bentuk/model miniatur pelaksanaan total Program KKBPK secara utuh yang melibatkan seluruh bidang di lingkungan BKKBN dan bersinergi dengan para pemangku kepentingan seperti kementerian/lembaga, pemerintah daerah, mitra kerja, dan instansi terkait sesuai dengan kebutuhan dan kondisi wilayah

Ia menambahkan, kondisi di tiap wilayah Kampung KB memiliki ciri khas dan keunggulan masing-masing. “Untuk di Bangkalan, barangkali bisa semakin digalakkannya BKB dan Posyandu. Peran posyandu sangatlah penting dimana sangat memperhatikan tumbuh kembang anak. Jika anak tumbuh dengan baik, kedepan bisa menjadi aset bangsa,” imbuhnya.

Pada pencanangan kali ini, juga dilaksanakan pelayanan KB MKJP yakni implant dan MOP. Akseptor sangat antusias untuk sukarela mengikuti pelayanan KB.
Sumber: Bidang ADPIN BKKBN Jatim

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *