Kepala Perwakilan
BKKBN Provinsi Jawa Timur
Ir. Dwi Listyawardani, M.Sc, Dip Com
Pembina Utama Muda
NIP. 19610904 198603 2 001
 
Intranet BKKBN
Link Internal BKKBN
Follow BKKBN JATIM
Index Berita BKKBN JATIM
PERWAKILAN BKKBN JATIM RESMIKAN Pusyan GATRA

2012-04-18  17:33:20  , diposting oleh : Humas

      Guna mewujudkan visi misi BKKBN, hari ini, Rabu (18/4) Perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Nasional (BKKBN) Jatim meresmikan Pusat Pelayanan Keluarga Sejahtera (Pusyan GATRA) yang beralamat di Jl. Airlangga 33 Surabaya. Peresmian Pusyan GATRA ditandai dengan dibunyikannya sirine oleh Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Provinsi Jawa Timur, Dra. Hj. Nina Soekarwo, M.Si yang pada kesempatan tersebut didampingi oleh Deputi Bidang Keluarga Sejahtera dan Pemberdayaan Keluarga (KSPK), Dr. Sudibyo Alimoeso, MA dan Kepala Perwakilan BKKBN Jatim, Djuwartini, SKM, MM.

tinjau BKBDalam launching tersebut Ketua TP PKK Provinsi Jatim yang akrab disapa Bude Karwo ini berkesempatan meninjau ke masing-masing ruangan yang akan digunakan untuk konseling dan pelayanan. Yang pertama adalah pelayanan Keluarga Berencana dan Kesehatan Reproduksi, komunikasi dan informasi atau konseling KB dan Kesehatan Reproduksi hingga tindakan pelayanan pemasangan seluruh alat kontrasepsi kecuali MOW (tubektomi) yang hanya dilayani di Rumah Sakit. Yang kedua adalah pelayanan Keluarga Sejahtera dan Pemberdayaan Keluarga, meliputi komunikasi, informasi, penyuluhan dan konseling Bina Keluarga Balita (BKB), Bina Keluarga Remaja (BKR), Kesehatan Reproduksi Remaja, Bina Keluarga Lansia (BKL) dan Pemberdayaan Ekonomi Keluarga.

“Kita ingin Pusyan GATRA ini dimanfaatkan optimal oleh masyarakat. Jadi fasilitas layanan ini yang nantinya dapat dimanfaatkan masyarakat dalam mewujudkan keluarga kecil bahagia dan sejahtera,” terang Kepala Perwakilan BKKBN Jatim, Djuwartini, SKM, MM sembari mendampingi Bude Karwo menilik ruangan pelayanan.

Djuwartini mengatakan, saat ini keberadaan Pusyan GATRA masih merupakan satu-satunya  wadah pelayanan dan konseling program KKB yang ada di Indonesia. Menurutnya, Jatim mengawali terbentuknya Pusyan GATRA dimana menggunakan bentuk dan model konseling dan pelayanan. “Jika Pusyan GATRA di Jatim ini berhasil, maka dapat ditularkan atau dicontoh oleh provinsi lain,” jelasnya.

Lebih lanjut dirinya menghimbau, sudah saatnya masyarakat Jatim bersama-sama mengawal keberhasilan Pusyan GATRA. Menurutnya, dengan kerja keras dan semangat yang tinggi dari petugas BKKBN dan para stakeholder, keberadaan Pusyan GATRA akan memberikan kontribusi positif bagi perkembangan kualitas penduduk di Jatim. ''Saya yakin, jika Pusyan GATRA dapat dimanfaatkan benar oleh masyarakat maka perkembangan kualitas penduduk di Jatim akan baik,” ucapnya dengan nada optimis.

Sementara itu Bude Karwo menyatakan mendukung keberadaan Pusyan GATRA yang digagas BKKBN. “Ini adalah inovasi, sebagai terobosan dan upaya luar biasa yang perlu kita apresiasi. Mudah-mudahan Pusyan GATRA ini menjadi inspirasi bagi kabupaten kota. Terutama juga ada Pusat Informasi Konseling Remaja dimana yang memberikan konseling adalah mahasiswa atau sesama remaja, hal ini sangat efektif karena biasanya remaja itu lebih terbuka menceritakan masalahnya dengan sesama remaja.” imbuhnya. Bude Karwo juga berharap dengan adanya Pusyan GATRA mampu mengatasi berbagai permasalahan keluarga sehingga masyarakat khususnya di Jatim dapat mewujudkan keluarga kecil sejahtera.

 

rakornis pkk

 

 

 

Setelah peresmian Pusyan GATRA, acara dilanjutkan dengan Rapat Koordinasi Teknis (RAKORNIS) bersama TP PKK Jawa Timur. RAKORNIS yang juga dibuka oleh Bude Karwo kali ini mengambil tema “Melalui Komitmen Bersama Mitra, Kita Tingkatkan Kinerja dan Partisipasi Masyarakat Untuk Menciptakan Pencapaian Sasaran Pembangunan Kependudukan, dihadiri oleh TP PKK Provinsi Jatim, TP PKK Kabupaten/Kota, dan Kepala SKPD-KB se Jawa Timur. (Humas)



Logo Program KKB
 
Info Program Info UPPKS