Kepala Perwakilan
BKKBN Provinsi Jawa Timur
Ir. Dwi Listyawardani, M.Sc, Dip Com
Pembina Utama Muda
NIP. 19610904 198603 2 001
 
Intranet BKKBN
Link Internal BKKBN
Follow BKKBN JATIM
Index Berita BKKBN JATIM
RAKORNIS Bersama IBI : Pelayanan KB Serentak Optimalkan Pencapaian KKP Program KB

2013-05-17  04:40:08  , diposting oleh : Humas

IBI1Agar KKP (Kontrak Kinerja Provinsi) Program KKB (Kependudukan dan Keluarga Berencana) di Provinsi Jawa Timur bisa tercapai dengan baik, perlu adanya strategi operasional khusus, yaitu dengan memanfaatkan momentum - momentum bersama mitra kerja melalui pelayanan KB MKJP (Metode Kontrasepsi Jangka Panjang) secara serentak. Salah satunya melalui momentum peringatan HUT IBI ke 62 tahun 2013. Karena pelayanan yang dilakukan secara serentak akan berkontribusi besar pada peningkatan jumlah akseptor, kurang lebih sekitar 5 kali lebih besar terhadap hasil pelayanan KB rutin. Demikian juga pada Mei tahun 2013 ini, dalam momentum HUT IBI kembali akan digelar pelayanan KB serentak bertajuk “Pekan Pelayanan IUD Pusmupar Bersama IBI”.

Hal tersebut disampaikan Kepala Perwakilan BKKBN Jatim Ibu Djuwartini, SKM, MM saat memberikan sambutan pada  pembukaan  Pertemuan Koordinasi Ketua PC IBI dan Kabid KB Kab/Kota se Jawa Timur , bertempat di Gedung Lestari Perwakilan BKKBN Jawa Timur tanggal 13 Mei 2013 lalu.

“Sebagaimana yang telah dilakukan pada tahun 2012, pelayanan serentak bersama IBI telah memberikan kontribusi yang cukup tinggi, bahkan memperoleh rekor pencatatan MURI IUD sebanyak 29.306 akseptor” kata Ibu Djuwartini selanjutnya.

Ibu Djuwartini mengharapkan,  pada tahun 2013 ini, kegiatan pelayanan serentak tetap dilakukan, selain untuk mempercepat capaian juga dalam upaya mendorong untuk pelayanan statis di fasilitas pelayanan KB hingga sampai desa.

Pelayanan serentak di Jawa Timur pada 2013 direncanakan dilakukan sebanyak 4 kali, dengan sasaran yang berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, yaitu sudah mengarah pada Pusmupar. Pelayanan serentak yang sudah dilakukan yakni Bhaksos TNI yang dilaksanakan Maret memperoleh IUD 17.299 akseptor dan MOP 351 akseptor. Pelayanan serentak Kesatuan Gerak PKK –BBGRM dilakukan bulan April, dalam rangka HUT IBI dilakukan bulan Mei dan Bhaksos KB Kes Bayangkara dilakukan bulan Juni.

IBI2Pertemuan kordinasi yang diikuti oleh 38 Ketua PC IBI dan Kabid KB dari 38 Kab/Kota se Jawa Timur menurut Kabid KB/KR  Perwakilan BKKBN Jatim  Dra. Sri Suparmi, MSi perlu dilakukan untuk mempercepat pencapaian KKP, karena kalau tidak dilakukan percepatan niscaya  KKP Jawa Timur sebanyak 1.042.093 tidak bisa tercapai.

Sebagai nara sumber dalam pertemuan ini antara lain Kabid KB dan KR, Sekretaris Perwakilan BKKBN Jatim, Kabid Adpin dan Ketua IBI Prov. Jatim. (AT/Humas).



Logo Program KKB
 
Info Program Info UPPKS