Kepala Perwakilan
BKKBN Provinsi Jawa Timur
Ir. Dwi Listyawardani, M.Sc, Dip Com
Pembina Utama Muda
NIP. 19610904 198603 2 001
 
Intranet BKKBN
Link Internal BKKBN
Follow BKKBN JATIM
Index Berita BKKBN JATIM
Eagle Junior Documentary Camp 2013 Roadshow to Surabaya : Yang Muda Yang Berencana

2013-05-24  04:03:18  , diposting oleh : Humas

eagle awardJumat, (24/05) Eagle Junior Documentary Camp Tahun 2013 hadir di Kota Pahlawan, Surabaya. Dengan mengusung tema “Yang Muda Yang Berencana”, workshop pembuatan film dokumenter bagi para remaja tersebut secara keseluruhan akan digelar dua hari mulai hari ini hingga besok, Sabtu, (25/05) di Aula Garuda Mukti Universitas Airlangga Kampus C Mulyorejo, Surabaya. Kegiatan hasil kerjasama antara Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN), Eagle Institute Metro TV dan Universitas Airlangga Surabaya ini adalah salah satu upaya dalam menyosialisasikan Pendewasaan Usia Perkawinan (PUP) bagi para remaja yang selama ini sudah gencar dikampanyekan BKKBN melalui Program Generasi Berencana (GenRe).

Deputi Bidang Pengendalian Penduduk BKKBN Dr. Wendy Hartanto, MA dalam sambutannya menyampaikan, “Remaja sekarang dihadapkan pada masalah yang sangat kompleks seperti perkawinan usia dini yang berdampak pada kualitas generasi penerusnya. Kegiatan ini sangat baik untuk memberikan kesibukan positif pada remaja.”

Dikatakan lebih lanjut, bahwa permasalahan remaja (usia 10-24 tahun) ini antara lain adalah kuantitasnya yang besar. Menurut World Population Prospects: The 2010 Revision, tahun 2011 lalu saat penduduk dunia mencapai 7 miliar, sejumlah hampir 1, 2 milyar penduduk dunia adalah remaja usia 10 sampai 19 tahun, 900 juta orang diantaranya tinggal di negara berkembang. Sementara hasil Sensus Penduduk Indonesia tahun 2010 menunjukkan bahwa 64,6 juta jiwa atau setara dengan 27,6 persen dari total penduduk Indonesia adalah kaum muda berusia 10-24 tahun.

Sementara itu tidak sedikit pula remaja dihadapkan pada persoalan pernikahan dini karena faktor ekonomi, sosial dan budaya, sehingga akan berdampak terhadap kualitas persiapan berkeluarga terutama dalam membentuk persiapan Keluarga Kecil Bahagia dan Sejahtera.

“Untuk itulah BKKBN melaksanakan Program GenRe. Melalui Program GenRe diharapkan para remaja dapat menjalankan kehidupannya dengan terencana, mulai dari jenjang pendidikan, karir dan kehidupan berkeluarga,” jelas Dr. Wendy.

Masih menurut Dr. Wendy, Program GenRe memang fokus pada tiga hal, yang pertama adalah sosialisasi Penundaan Usia Perkawinan. Kedua, penyediaan informasi kesehatan reproduksi melalui wadah PIK Remaja/ Mahasiswa (Pusat Informasi dan Konseling Remaja/ Mahasiswa), dan ketiga adalah KIE (komunikasi, informasi, edukasi) tentang penyiapan/ perencanaan kehidupan berkeluarga dengan sebaik - baiknya, dengan merencanakan kapan akan menikah, kapan punya anak, berapa anak yang diinginkan.

Untuk itu kali ini BKKBN bekerjasama dengan Eagle Institute Metro TV dan Universitas Airlangga dalam kegiatan Eagle Junior Documentary Camp 2013 dengan tema “Yang Muda Yang Berencana”. Selain bertujuan untuk menggali potensi, bakat dan minat generasi muda dalam bidang film documentary, juga dirancang sebagai sebuah wadah yang akan membentuk remaja kreatif yang peduli pentingnya program Generasi Berencana.

Tidak kurang dari 500 pelajar SMP, SMA, SMK dan Mahasiswa ikut serta dalam Eagle Junior Documentary Camp Tahun 2013 ini. Serangkaian Program Eagle Junior Documentary Camp 2013 sudah dimulai pada bulan Maret 2013 dengan melakukan roadshow sepuluh kota di sepuluh provinsi di Indonesia. Provinsi Jawa Timur merupakan provinsi ke tujuh yang melaksanakan Eagle Junior Documentary Camp di tahun 2013. Provinsi lain yang menjadi sasaran adalah Banda Aceh, Palembang, Jakarta, Cirebon, Semarang, Surabaya, Denpasar, Samarinda, Manado dan Ambon.

Eagle Junior Documentary Camp tahun 2013 di Surabaya yang dibuka oleh Asisten III Pemprov Jatim Dr. Edy Purwinarto ini turut dihadiri oleh Kepala Perwakilan BKKBN Jatim Djuwartini, SKM, MM serta Wakil Rektor I Universitas Airlangga Prof. Achmad Sakroni. (AT/ Humas)

 

 

 



Logo Program KKB
 
Info Program Info UPPKS