Kepala Perwakilan
BKKBN Provinsi Jawa Timur
Ir. Dwi Listyawardani, M.Sc, Dip Com
Pembina Utama Muda
NIP. 19610904 198603 2 001
 
Intranet BKKBN
Link Internal BKKBN
Follow BKKBN JATIM
Index Berita BKKBN JATIM
Pakde Karwo : Komunikasi, Kunci Penting Dalam Keluarga

2013-06-24  06:06:39  , diposting oleh : Humas

hargaKomunikasi antar anggota keluarga menjadi salah satu kunci penting dalam kehidupan berkeluarga. Ibaratnya, apabila tidak ada komunikasi dalam keluarga sama halnya dengan sepi di tempat ramai.

 “Kelihatnnya ramai, tapi mereka kesepian karena tidak saling menyapa. Penyakit dalam era modern adalah tidak adanya komunikasi dalam keluarga. Ini harus dihilangkan untuk menuju keluarga yang sejahtera,” tegas Pakde Karwo sapaan Gubernur Jatim ini pada Puncak Acara Peringatan Hari keluarga XX Provinsi Jawa Timur Tahun 2013 di Lapangan Kodam V Brawijaya Surabaya, Jumat (21/6).

Kelihatannya sepele, lanjut Pakde Karwo, saling sapa dan berinteraksi dalam rumah tangga baik antar orang tua dan anak sangat dibutuhkan. “Sapaan akrab dalam keluarga tetap diperlukan, jangan dilupakan panggilan akrab. Sampai hari ini saya tetap panggil istri, dik Nin, ya dik?” ujar Pakde Karwo menjelaskan Ibu Nina Soekarwo yang disambut tepuk tangan 5.000 peserta upacara peringatan Hari Keluarga.

Pakde Karwo menyadari betul bahwa keluarga harus diberdayakan perekonomiannya melalui peran para ibu, untuk itu tahun 2014 Pemprov Jatim menetapkan program ekonomi perempuan. “Program tersebut untuk membangun ekonomi keluarga. Karena ada tiga hal yang berpengaruh bila perempuan itu miskin,” lanjut Pakde Karwo.

Menurut Pakde Karwo tiga pengaruh itu meliputi kualitas ASI, mempengaruhi emosi dan terganggunya hubungan ibu dengan anak. “Kalau ibu-ibu dalam kondisi miskin, maka tidak bisa menghasilkan ASI yang baik karena asupan makanannya tidak bergizi, mempengaruhi emosi karena miskin,” kata Pakde Karwo.

Untuk mensukseskan program tersebut, Pakde Karwo mengatakan, Pemprov Jatim memberikan pendampingan dan pelatihan pada UMKM serta pemberikan support permodalan,”tegasnya.

Seorang istri yang mencari nafkah atau bekerja di lingkungan rumahnya adalah suatu hal yang luar biasa. Mereka ikut menopang perekonomian keluarga.

“Perempuan atau Ibu yang bekerja sama dengan menopang ekonomi domestik, ini yang luar biasa di Jatim. Saat ini mereka banyak sekali yang bekerja di bidang UKM,”katanya.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua TP PKK Jatim Dra.Hj.Nina Soekarwo mengatakan Hari Keluarga  2013 ini sebagai langkah untuk meningkatkan kesejahteraan dan pemberdayaan keluarga dalam rangka peningkatan ekonomi keluarga.

 “Kesejahteraan ekonomi merupakan komitmen penting dalam keluarga,”kata Bude Karwo sapaan akrab Nina Soekarwo ini.

Menurutnya, Peringatan Hari Keluarga  ini bertujuan meningkatkan peran masyarakat dalam mendukung pelaksanaan Program Kependudukan dan Keuarga Berencana nasional di lini lapangan masing-masing sesuai dengan karakter, kebutuhan, adat budaya serta tugas dan fungsinya masing-masing.

Deputi Bidang Keluarga Sejahtera dan Pemberdayaan Keluarga Dr. Sudibyo Alimoeso, M.A dalam kesempatan sebelumnya mengatakan pentingnya menjaga keharmonisan keluarga agar menjad keluarga yang tangguh. Keluarga yang tangguh akan menghasilkan negara yang tangguh.  Sebaliknya  keluarga yang tidak harmonis, keluarga yang lemah, akan pula berpengaruh pada lemahnya suatu negara.

Sementara itu, Ketua Umum TP PKK Pusat Ibu Hj. Vita Gamawan Fauzi mengatakan, perempuan mempunyai tugas untuk memberdayakan masyarakat. Tugas dan kerja PKK mengabdi pada masyarakat.

“Kader PKK adalah ujung tombak pembangunan di masyarakat. Sebagai contoh penyampaian program keluarga berencana disampaikan secara langsung ke masyarakat,”katanya.

Ibu Vita mengingatkan,  kegiatan Posyandu dan Paud tidak hanya kegiatan kesehatan ibu dan anak tetapi melakukan pelayanan secara umum. Seperti di Kabupaten Gresik sudah berjalan kegiatan tersebut.

“Pembinaan optimalisasi merupakan layanan dasar untuk membantu kebutuhan masyarakat sesuai dengan Permendagri,”katanya.

Dalam kesempatan tersebut, Bude Karwo menyerahkan hadiah pemenang lomba Duta mahasiswa Genre, Pemilihan Pusat Informasi dan Komunikasi (PIK) Remaja dan Mahasiswa, Kader Teladan BKR, Pengelola Kelompok UPPKS, Keluarga Harmonis Sejahtera, Kelompok BKL, Lomba Kader BKB, IMP (Institusi Masyarakat Pedesan), Lomba PLKB atau PKB, Lomba Pasangan KB Lestari Teladan Kategori 10 tahun, Lomba Duta KB Mandiri, Lomba Duta Kontrasepsi, Lomba KB Pria, Lomba KB MKJP, Lomba KB Perusahaan dan Lomba KB PP dan PK serta penyerahan simbolis 160 paket bantuan sembako. 

Penghargaan lomba juga turut diserahkan oleh Kepala Perwakilan BKKBN Jawa Timur, Djuwartini, SKM. MM.

Peringatan Hari Keluarga  ke XX dengan tema “Melalui Hari Keluarga Kita Bangkitkan Keluarga Indonesia Mewujudkan Keluarga Kecil Bahagia dan Sejahtera” ini dihadiri Ibu Hj. Vita Gamawan Fauzi Ketua Umum TP PKK Pusat, Pangdam V Brawijaya R. Ediwan Prabowo, Deputi Bidang Keluarga Sejahtera dan Pemberdayaan Keluarga Dr. Sudibyo Alimoeso, M.A, Kepala Perwakilan BKKBN Jatim Djuwartini SKM, MM, Pengurus PKK Kabupaten dan Kota, serta para Kader KB se Jawa Timur (AT/Humas Perwakilan BKKBN Jatim).

 

           



Logo Program KKB
 
Info Program Info UPPKS