Kepala Perwakilan
BKKBN Provinsi Jawa Timur
Ir. Dwi Listyawardani, M.Sc, Dip Com
Pembina Utama Muda
NIP. 19610904 198603 2 001
 
Intranet BKKBN
Link Internal BKKBN
Follow BKKBN JATIM
Index Berita BKKBN JATIM
Pusyan Gatra Sabet Juara Tingkat Nasional

2013-07-12  01:34:01  , diposting oleh : Humas

Kerja keras Pusat Pelayanan Keluarga Sejahtera(Pusyan Gatra) Perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Jatim dalam mempersipkan lomba Pusat Pelayanan Keluarga Sejahtera (PPKS) tingkat nasional akhirnya berbuah hasil. Sebagai juara satu Pusyan Gatra Jatim tidak lantas puas dengan hasil yang diperoleh.

''Kita tidak boleh terlena dengan juara satu sebab mempertahankan gelar juara jauh lebih sulit daripada mendapatkannya,'' ujar Kepala Bidang KS dan PK BKKBN Jatim Drs. Ramli Charles P.Apt.

Charles mengatakan, dalam lomba PPKS tingkat nasional, Pusyan Gatra Jatim berhasil mengunguli Nusa Tenggara Barat (NTB) dan daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Dari hasil yang diperoleh NTB mendapatkan juara dua, sedangkan DIY mendapatkan juara tiga. ''Kita bersyukur dengan kerja keras dan persiapan yang matang Jatim berhasil mengondol juara satu,'' ujarnya.

Pria berkacamata ini menuturkan, dari juara satu yang diperoleh, Jatim berhasil mendapatkan nilai terbaik dalam semua kreteria  diantaranya adalah profil lembaga, hasil kegiatan, pelayanan dan kearsipan. ''Dari banyaknya kreteria ini yang membuat Jatim berhasil adalah kejujuran antara program kegiatan dengan pencapaian hasil kerja,'' jelasnya.

Kedepan Charles meminta dengan diraihnya juara satu lomba PPKS tingkat nasional dapat memberikan semangat bagi rekan-rekan Pusyan Gatra, BKKBN Jatim dan para stakeholder untuk bersama-sama mempertahankan gelar juara. Selain itu, dengan juara satu membuat Pusyan Gatra menjadi studi banding oleh daerah-daerah lain di luar Jatim. ''Kita harus siap-siap didatangi tamu dari luar Jatim, karena akan dijadikan studi banding dan magang,'' yakinnya.

Sementara itu Kordinator Pusyan Gatra Jatim, Kustiyah Wardhani SS mengungkapkan, dirinya bersyukur Jatim berhasil menyabet juara satu dalam lomba PPKS tingkat nasional. Menurutnya, juara ini merupakan sebuah sejarah bagi Pusyan dan BKKBN Jatim dalam mengungguli lawannya yaitu DIY. ''Secara perhitungan kita (Pusyan Gatra Jatim, red) DIY bakal menyabet juara satu, akantetapi setelah diumumkan Jatim berhasil meraih juara satu,'' jelasnya.

Menurut Dhani, Jatim berhasil juara satu dikarenakan antara proses dan output berjalan dengan baik. Proses disini menghasilan sebuah pelayanan dan kegiatan , sedangkan output menelorkan sebuah hasil. ''Jadi antara pelayanan, kegiatan dan hasil berjalan dengan baik dan konsisten,'' terangnya.

Dhani berpesan dengan mendapatkannya juara satu, menandakan bahwa kerja keras dan kekompakan rekan-rekan di Pusyan Gatra dan BKKBN Jatim tetap terjaga. ''Sebagai koordinator saya bangga dengan rekan-rekan di Pusyan Gatra dan BKKBN Jatim karena dengan usaha dan doanya Pusyan Gatra berhasil mendapatkan juara,'' ujarnya dengan nada mantap ini.

 

** Jadi Tempat Berguru

Keberhasilan Pusyan Gatra Perwakilan BKKBN Jatim merebut juara I Nasional, menjadikan Pusyan Gatra yang diresmikan oleh Ketua Tim Pengerak PKK Provinsi Jatim Dra. Nina Soekarwo ini langsung menjadi jujugan daerah lain untuk berguru.

Tamu pertama yang berguru ke Pusyan Gatra Jawa Timur adalah Perwakilan BKKBN Provinsi Sumatera Utara yang dipimpin langsung oleh Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Sumut Drg. Widwiono, M Kes.

“Kami ke Jawa Timur untuk berguru ke Pusyan Gatra dalam rangka pembentukan PPKS di Kab/Kota Wilayah Prov. Sumatera Utara yang sekiranya bisa memberikan nilai tambah bagi SKPD KB di wilayah Sumut” ujar Widwiono sebagai kepala rombongan dalam acara kulonuwun.

Rombongan berjumlah sepuluh orang tersebut diterima oleh Kepala Perwakilan BKKBN Jatim Ibu Djuwartini, SKM, MM, didampingi oleh Kepala Bidang KS dan PK Perwakilan BKKBN Jatim Drs. Ramli Charles P.Apt. serta Pimpinan Pusyan Gatra Perwakilan BKKBN Jatim Kustiyah Wardhani, SS.

Selain mengunjungi Pusyan Gatra Perwakilan BKKBN Jatim di Jl. Airlangga, Kunjungan kerja selama lima hari sejak tanggal 8 sampai tanggal 12 Juli itu, rombongan juga diajak mengunjungi empat Pusyan Gatra Kab/Kota di Jawa Timur sebagai perbandingan, yakni ke Pusyan Gatra Kota Surabaya, Kota Madiun, Kabupaten Madiun dan Kab. Magetan. (AT/Humas)

 



Logo Program KKB
 
Info Program Info UPPKS