Bhakti Duta GenRe Menyalurkan Semangat dan Kreatifitas Remaja di Desa

Sindikat Post, Ponorogo – Badan Kependudukan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Perwakilan Provinsi Jawa Timur menggelar 3 kegiatan besar di 8 lokasi.

Kegiatan tersebut yaitu Bhakti Saka Kencana, Bhakti Duta GenRe, dan Promosi GenRe. Hari ini, Sabtu (29/8/2020), Salah satu kegiatan besar, yakni Bhakti Duta Genre digelar di desa Sawoo, Kecamatan Tempuran, Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur. Kegiatan ini dalam rangka hari Remaja Internasional itu dititik beratkan sosialisasi Program GenRe kepada remaja desa, dan kepedulian duta GenRe kepada masyarakat pra sejahtera.

Dalam kesempatan itu, nara sumber yang hadir adalah  Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (PPKB) Kabupaten Ponorogo, Drs. Harjono, M.Kes., dan  Kasubid Bina Ketahanan Remaja (BKR) Perwakilan BKKBN Jatim, Yuyun Evriana, S.E.

“Kegiatan ini adalah Bhakti Duta GenRe. Dan perlu diketahui Duta GenRe adalah brand ambassador Program GenRe bagi remaja-remaja lainnya. Melalui upaya berbagai pengalaman dan praktik terbaik, diharapkan dapat memberikan inspirasi dan terbangun semangat untuk terus berkreasi dan berinovasi dalam memberikan yang terbaik bagi remaja- remaja di daerah masing-masing,” jelas Yuyun.

“Ada Tiga tujuan dalam kegiatan Bhakti Duta GenRe, pertama memberikan apresiasi bagi pemenang Duta Genre dalam promosi dan meningkatkan Kreatifitas GenRe. Yang kedua adalah membantu keluarga Pra Sejahtera dan Keluarga Sejahtera I yang terdampak Covid-19, dan yang ketiga adalah melakukan edukasi kepada masyarakat tentang perlunya menjaga kesehatan di masa Pandemi Covid 19,” ungkap Yuyun.

“Diharapkan kegiatan ini agar bisa meningkatkan  sosialisasi dan promosi Program Bangga Kencana melalui program GenRe di kalangan remaja agar memiliki pengetahuan, sikap dan perilaku yang positif dalam pengembangan diri secara mental, fisik, intelektual, spiritual dan sosial,” pungkasnya.

Dikesempatan yang sama, Drs Harjono, M.Kes menjelaskan perlu dibentuk Pusat Informasi Konseling Remaja didesa.

“Perlu segera dibentuk PIK R di desa Tempuran agar remaja di Desa Tempuran Terhindar dari Triad KRR (Katakan tidak pada Nikah Dini, Sek bebas dan Napza),” tuturnya.

Selain sosialisasi program GenRe untuk mencapai Program Bangga Kencana, Bhakti Duta GenRe juga memberikan bantuan ke Balai Desa Tempuran berupa tempat cuci tangan dan thermo gun. Dan bagi masyarakat desa diberikan bantuan berupa sembako, masker, dan hand sanitizer. Pembagian masker juga dilakukan di Pasar Ngagik Desa Tempuran.

Dikesempatan berbeda, Kepala Perwakilan (Kaper) BKKBN Provinsi Jawa Timur, Drs Sukaryo Teguh Santoso, M.Pd., menyampaikan bahwa kegiatan Bhakti Duta GenRe bertujuan menyasar kaum millenial.

“BKKBN menyasar kaum millenial untuk program Bangga Kencana, karena jumlah kaum millenial karena komposisi terbesar di Indonesia saat ini, karena Indonesia khusunya di Jawa Timur, bonus Demografi lagi kita nikmati ditahun ini,” ungkap pak Teguh panggilan akrab Kaper BKKBN Jatim. @red