Bila Aku Tak Sekedar “Konco Wingking”

Bila Aku Tak Sekedar “Konco Wingking”

BILA AKU TAK SEKEDAR

‘KONCO WINGKING’

                        

RAHASIA SUKSES PARA SUAMI

 

Kalau anda bertanya, apakah rahasia kesuksesan para suami yang telah meraih bintang prestasi tertinggi dalam hidup mereka? Jawabannya bisa bermacam-macam . namun ,banyak yang bersepakatbahwa semua laki-laki akan mampu bekerja lebih optimal

Bila menerima support  yang luar biasa dari orang  terdekat mereka. Dalam hal ini, sang istri adalah salah satunnya .

 

Mengapa demikian? Mari kita renungkan kisah di bahwa ini.

Di filiphina , masyarakat pedesaannya gemar sekali menangkap dan memakan kepiting sawah berukuran kecil tetapi memiliki rasa yang cukup lezat. Kepiting-kepiting itu dengan mudah mereka tangkap di malam hari. Biasanya setelah di tangkap, kepiting- kepiting tersebut di masukkan ke dalam toples yang terbuka , tanpa diikat.mereka khawatir kepiting-kepiting hasil buruan mereka akan terlepas.bila ada seekor kepiting hampir meloloskan diri keluar dari baskom, temen-temenya yang lain pasti akan menariknya kembali kedasar.

 

Jika ada lagi yang naik dengan cepat ke mulut baskom,lagi-lagi temenya akan menariknya turun….. dan begitu seterusnya sampai akhirnya tidak ada yang berhasil keluar.

 

Dapat dibayangkan, seandainya kepiting-kepiting  itu tolong menolong dengan capat-capit mereka untuk keluar dari baskom tentu berbeda ceritanya.

 

Sama halnya dalam keluarga. Sejatinya, didalam keluarga ada sejatinya. Ketika sebuah prestasi dicapai oleh suami, maka istri dan anak-anak pasti turut mersakan kebanggaan dsan kebahagian tersebut.  Demikian pula sebaliknya, apabila suami dan ayah menghadapi teror, penghinaan ataupun penurunan prestasi dalam pekerjaan, maka keluarga pun akan turut mengalami kesulitan dan masalah-masalah itu.

 

Suka adalah milik bersama dan duka juga di hadapi bersama,

Maka kesadaran untuk bahu-menbahu dengan menyadari posisi dan tugas masing-masing akan menciptakan sinergi yang sangat besar bagi sebuah keluarga dalam mencapai keberhasilan yang dicita-citakan . bukannya malah saling menarik untuk menjatuhkan satu sama lainnya,  hingga tak pernah ada yang mencapai puncak. Dalam hal ini peran istri, untuk mendoron sang suami agar dapat merangkak naik menuju kesuksesan yang diinginkan dapat terangkat keatas, adalah sangat besar.

 

Agar memiliki daya dorong yang besar, peran seorang istri bukan lagi sekedar seorang perempuan yang hanya bisa mengikuti suami dari belakang dalam bahasa jawa diistilahkan sebagai “konco wingking” yang memiliki tugas hanya macak, masak, manak (berdandan,memasak , dan melahirkan anak, red) seperti tempo dulu. Tetapi, istri di era modern seperti sekarang juga turut berperan sebagai pengiring dan penguat suami yang tengah berjuang menafkahi dan menopang keluarganya.

 

Itu berarti tugas istri zaman sekarang tak lagi sekedar menyiapkan makan dan mengurusi rumah, tapi juga menjadi mitra dan pendamping yang bijak bagi suami. Yang mampu menjadi teman bicara yang menyenangkan di masa-masa sulit dan tegar menemani suami agar terus berjuang. Yang senantiasa menjaga nama baik suami dengan mendidik anak-anak yang dilahirkan dengan penuh cinta dan kasih sayang sehingga meringankan langkah sang suami melaksanakan tugasnya.

 

Sang suami banyak berhasil meraih kesuksesannya berkat peran istri yang setia mengiringinya dalam setiap kegiatan. Ketika sang suami berada di tengah krisis, maka istrilah yang mampu mengangkatnya, dengan tetap setia memberikan dukungan, perhatian, cinta, doa, dan berbagai bantuan untuk suaminya semaksimal kemampuannya.

 

Pada pemilihan calon presiden di Amerika Serikat misalnya, mengapa masing-masing kandidat calon presiden memilih melakukan orasi bersama sang istri? Alasannya tentu saja untuk menjawab keingintahuan masyarakat akan kondisi calon presiden. Masyarakat tentu akan dapat melihat, apakah pasangan tersebut memiliki hubungan yang baik dan memiliki sikap saling pengertian yang besar satu sama lain. Bahkan, interaksi sang calon presiden di lingkungan keluarganya akan menunjukkan kualitasnya.

 

Dalam sejarah Amerika, ada beberapa istri calon pesiden yang sangat menonjol perannya selama masa kampanye pemilihan presiden. Tak sedikit pula yang tetap ‘bersinar’  ketika akhirnya menjadi first lady di White House. Di antara deretan wanita tangguh tersebut terdapat nama Hillary Rodham Clinton. Semua orang mengakui, perempuan yang satu ini memberikan dukungan sangat signifikan saat pemilihan presiden tahun 1992, yang akhirnya dimenangkan oleh sang suami, Presiden Bill Clinton.

 

Pun,ketika sang suami nyaris kehilangan jabatan karena kasus perselingkuhannya dengan monica lewinsky terungkap,hillary kembali hadir. Secara mengejutkan, ia menyampikan pidato di hadapan media, menyatakan bila dirinya memaafkan perbuatan sang suami. Hasilnya , public yang semula mengecam, berbalik ikut memaafkan sang presiden, seperti halnya yang dilakukan oleh sang ibu negara.

 

Yang tak kalah hebat dari Hillaryadalah ibu negara amerika yang baru, michelle robinson obama. Wanita yang dinikahi obama pada 3 oktober 1992 ini bahkan diakui dengan jujur oleh sang presiden sendiri bila ia jatuh lebih pintar dari pada dirinya. Bagaimana tidak,  dua gelar terbaik di bidang akademis berhasil di raihnya  pada 1985, kum Harvard  dan B.A  cum laude dari princenton university.

 

Namun, hal itu tak lantas membuat perempuan hebat ini besar kepala dan menyaingi sang suami. Sebaliknnya, ia justru memilih mencurahkan perhatiannya pada keluarga, terutama pada pendidikan kedua putrinya dan karir sang suami. Ia pila yang menjadi motivator utama bagi sang suami selama masa kampanye pemilihan president Aerika Seikat. Hal tersebut terlihat dalam intensitasnnya mendampingi sang suami berkampanye sejak mei 2007. bahkan selama febuari , perempuan kelahiran Chicago, 17 januari 1964, tersebut setidaknya menghadiri 33 acara dan 2 kali tampil di acara Oprah Winfrey Show, hanya dalam 8 hari,

 

Karenanya,tak mengherankan bila perempuan yang pernah menjadi Wakil President Rumah Sakit Universitas Chicago itu kemudian menjadi figure yang kharimastik sejak awal masa kampanye. Lihat betapa setiap pidato yang disampaikannya, terutama saat malam konvensi partai sang suami, 25 agustus 2008, berhasil memikat hati public yang menyaksikannya.

 

Lalu bagaimana dengan di negeri kita sendiri ?

Tentu kita tak kalah dengan amerika,ada banyak nama yang bisa kita sebut,salah satunya mufidah miad saad atau yang lebih orang kenal sebagai mufidah jusuf kalla. Siapa sangka,perempuan bersahaja yang jarang terekspos media ini ternyata memiliki peran yang begitu besar dalam kesuksessan sang suami,baik dibidang politik maupun dunia usaha. Konon, perempuan kelahiran sibolga, 12 februari 1943, inilah yang menjadi inspirator penopang karier sang suami . hal tersebut dibuktikannya dengan selalu ada ketika sang suami membutuhkan dukungan , pun ketika sang suami dirundung duka ia selalu mampu menjadi penghibur yang menyenagkan. Di antarannya ia tunjukkan ketika sang suami menjalani proses penonaktifan sebagai angota penasehat partainnya mengenakkan itulah ia hadir sebagai penenang sekaligus pengingat sang suami agar tak lepas untuk bersabar.

 

Atau coba tengok sosok yang satu ini, GF Damayanti. Perempuan yang dinikahi (alm) Christian Rahadi-atau yang lebih dikenal sebagai satu-satunya perempuan yang sangat memahami dirinya sebagai laki-laki sekaligus penyanyi. Ia begitu setia mendampingi sang suami dalam kondisi apapun, sejak kehidupan mereka sangat sederhana hingga ketika sang suami jatuh sakit dan akhirnya meninggal dunia. Bahkan, karena rasa cinta yang begitu besar pada sang istri pulalah Chrisye bertekad menghasilkan album-album yang laris dan melegenda.

 

Pun, ketika merasa karirnya didunia musik telah tamat, Yanti-lah yang menjadi tempat (alm) Chrisye membagi kegundahannya. Hebatnya, justru di saat itulah Yanti mampu menunjukkan kualitas dirinya. Dengan sepenuh hati ia membesarkan hati suaminya. Hasilnya, sang suami pun bangkit dan terus berkarya bahkan hingga akhir hayatnya.

 

Begitulah, wanita memiliki kekuatan sekaligus kelembutan sehingga mempunyai peran yang sangat penting dalm kehidupan para pria meraih sukses. Dalam buku ini, dicerutakan perjalanan hidup seorang wanita bernama dahlia samsul Ashar yang setia bersama sang suami menapaki kehidupan sejak awal pernikahaannya yang penuh lika-liku sampai sang suami mencapai karier prestasi yang luar biasa. Kami yakin pengalaman beliau akan menginspirasi kita semua, khususnnya kaum perempuan!

 

Sumber : Seri Optimalisasi Diri Perempua

Sofie Beatrix & Deedee Moeis

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *