BKKBN Jatim Gelar ADPIN Awards Tahun 2020

Adanya Balai Penyuluhan KB diharapkan dapat menumbuhkan kebanggaan dan semangat kerja para pengelola Program Bangga Kencana (PKB/PLKB, IMP dan Mitra kerja lainnya) sehingga dapat meningkatkan capaian Program Bangga Kencana di Lini Lapangan. Keberadaan Balai Penyuluhan KB sendiri dapat dimaksudkan sebagai titik satu pintu pelaksanaan semua kegiatan (one gate kegiatan). Kegiatan – kegiatan sosial yang dilakukan oleh masyarakat setempat bersama para pengelola Program Bangga Kencana dapat dilaksanakan di Balai Penyuluhan KB.

Selain itu sebagai motor penggerak Program Bangga Kencana di lini lapangan tentunya dibutuhkan tenaga SDM yang professional, berintegritas, berorientasi pada pelayanan masyarakat dan mudah beradaptasi dengan berbagai perubahan yaitu keberadaan Penyuluh KB di titik terdepan penggerakkan lini lapangan dengan menggerakkan Kader IMP (PPKB dan Sub PPKBD) di berbagai tingkat wilayah.

Artinya, sebagai titik sentral penggerakkan Program Bangga Kencana di lini lapangan, peranan Balai Penyuluhan KB sebagai pusat pelaksanaan serta Penyuluh KB dan Kader IMP sebagai motor penggerak program sangat besar terhadap capaian program Bangga Kencana secara keseluruhan.

Oleh karena itu sebagai bentuk apresiasi atas pelaksanaan Program Bangga Kencana di lini lapangan sekaligus sebagai salah satu alat monitoring dan evaluasi pelaksanaan program di lini lapangan, maka Perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Timur akan melaksanakan penganugerahan ADPIN Award tingkat Provinsi Jawa Timur Tahun 2020 dengan kategori Pengelolaan Balai Penyuluhan KB Terbaik, Pemilihan Penyuluh KB Inovatif serta KIE Bangga Kencana melalui Vocal Group  Kader IMP dan Penyuluh KB.

Untuk kategori Balai Penyuluhan KB Terbaik, ada tiga Kabupaten/Kota yang lolos dan akan dilakukan uji lapang verifikasi data, yakni: Kabupaten Madiun, Kabupaten Banyuwangi dan Kabupaten Situbondo. Untuk kategori Penyuluh KB Inovatif, telah dilaksanakan wawancara virtual, Rabu (25/11). (Adpin)