BKKBN Jawa Timur Lakukan Audiensi dengan Bappeda Provinsi Jawa Timur untuk Bersinergi Turunkan Stunting di Jawa Timur

Surabaya (Rabu, 8/9/2021) – Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Timur, Sukaryo Teguh Santoso didampingi oleh Sekretaris Badan, dan Koordinator Bidang Keluarga Sejahtera dan Pemberdayaan Keluarga melakukan kunjungan ke Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Provinsi Jawa Timur. Agenda kunjungan kali ini adalah untuk mensinergikan program Bangga Kencana dengan Program Bappeda dalam percepatan penurunan stunting di Jawa Timur. 

Dalam kesempatan tersebut, Kepala Bappeda Provinsi Jawa Timur, Ir. H. Muhammad Yasin, M.Si menuturkan bahwa pihaknya siap bersinergi untuk percepatan penurunan stunting di Jawa Timur dengan melibatkan lintas sektor terkait. “Saat ini prevalensi stunting di Jawa Timur sebesar 26,8% maka dari itu dibutuhkan komitmen yang kuat dari berbagai pihak terkait guna tercapainya penurunan angka stunting. Selain itu, dibutuhkan pula update data stunting dari lintas sektor terkait sehingga didapatkan data yang akurat untuk mengambil sebuah kebijakan bersama,” tambahnya.

Selanjutnya Sukaryo Teguh menambahkan bahwa Perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Timur telah melakukan Pendataan Keluarga 2021 yang salah satu indikatornya merupakan pendataan stunting. “Kami telah melakukan pendataan untuk mengukur seorang anak terindikasi stunting atau tidak, yaitu mengukur tinggi badan dengan usia balita, kondisi fisik, dan sebagainya. Data ini bisa digunakan untuk mengukur stunting.” ujar Teguh. (Admin)