BPPKB Beri Penghargaan Pengelola Program KB Terbaik

BPPKB Beri Penghargaan Pengelola Program KB Terbaik

Badan Pemberdayaan dan Keluarga Berncana  (BPPKB) Kabupaten Jombang terus berusaha menggalakan program KB. Kendati masih ada kendala, namun pemerintah sadar, KB merupakan program satu – satunya dalam menekan laju  pertumbuhan penduduk. Itu sebabnya  BPPKB terus melakukan evaluasi. Menurut Kepala Bidang  Keluarga Berencana BPPKB Jombang, Edy Suyanto, evaluasi ini bertujuan untuk mengetahui  pencapaian kerja  pada tahun sebelumnya.

Selain itu juga diadakan rapat guna merencanakan program kerja yang akan dilakukan berikutnya.Menurut dia, dalam menyukseskan program ini di Jombang, pihaknya memilih visi tersendiri, semua keluarga  ikut KB yang berkesetaraan dan berkeadilan  gender. Di internal sendiri, ada dua bidang yang membantu jalannya program KB, yakni Bidang Keluarga Sejahtera dan Bidang Pemberdayaan  Perempuan dan Perlindungan Anak.

Guna mendorong masyarakat berperan ikut aktif terhadap KB, pihaknya, kata Edy melakukan upaya tertentu yang harus dilaksanakan oleh bidang – bidang yang ada di BPPKB.
Upaya – upaya itu sudah di petakan dalam bentuk laporan tandasnya, seraya mengakui ada beberapa  permasalahan yang harus jadi perhatian oleh para stakeholder dan para petugas pelaksana program ini.

Diantaranya, jumlah petugas lapangan masih minim bila dibandingkan  dengan wilayah kerja. Idealnya, satu orang petugas membina untuk dua desa. Faktanya di Jombang, satu petugas membina empat bahkan lima desa. Sementara itu , Edy Lathif Kabag KB, menambahkan BPPKB juga bekerja sama dengan Dinas Kesehatan dan TNI. Dalam Rakerda BPPKB , juga dipilih Kecamatan Sumobito , dengan ketegori terbaik dalam menggalakan program KB.

Atas kinerjanya  dalam menyukseskan Program KB, BPPKB memberi penghargaan kepada Camat Sumotibo, Agus Jauhari. Penghargaan tersebut langsung diberikan oleh Wabup Jombang Widjono Soeparno. “Ini sebagian dari apresiasi yang diberikan Pemkab kepada Kecamatan Somobito. Saya berharap, semoga program KB di wilayah lain juga semakin meningkat. Semuanya merupakan bagian  untuk mewujudkan kesejahteraan rakyat,” pungkas Agus.
Sumber (Memo, 9 April 2012)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *