Bupati Pacitan Harapkan Kesejahteraan di Pacitan Semakin Meningkat Pasca Pencanangan Kampung KB

Bupati Pacitan Harapkan Kesejahteraan di Pacitan Semakin Meningkat Pasca Pencanangan Kampung KB

BKKBN Jatim – “Ikut KB sekarang, sejahtera di masa mendatang”. Slogan tersebut terpampang jelas di Gapura masuk Dusun Glonggong Desa Belah Kecamatan Donorojo sebagai tempat pencanangan Kampung Keluarga Berencana (KB), Sabtu (30/04). Acara ini dihadiri oleh Deputi Latbang BKKBN Pusat, Kepala Perwakilan BKKBN Prov. Jatim, perwakilan SKPD KB Kab. Wonogiri, Ponorogo, Trenggalek, Camat dan Lurah Giriwoyo Wonogiri.

Kampung Keluarga Berencana yang terbentuk di Pacitan itu merupakan miniatur pelaksanaan program KB secara terpadu dan komprehensif, baik ditingkat Lini Lapangan yang berada ditingkat Dusun, Desa, dan Kecamatan dengan Program Pembangunan lainnya seperti pendidikan, kesehatan serta ekonomi dalam upaya peningkatan kesejahteraan keluarga.

Kampung Keluarga Berencana didesain sebagai upaya pemberdayaan masyarakat terhadap pengelolaan program KB. Kegiatannya pun berdasar prinsip dari, oleh dan untuk masyarakat dengan tujuan meningkatkan partisipasi masyarakat, peran pemerintah, lembaga non pemerintah serta swasta dalam melaksanakan program kependudukan, KB dan Pembangunan Keluarga.

Dalam kesempatan ini, Deputi Bidang Latbang, Sanjoyo menuturkan bahwa Kampung KB dilaksanakan dan dirasakan secara langsung oleh masyarakat.

Apa yang diutarakan pejabat BKKBN Pusat tersebut senada dengan harapan yang disampaikan oleh Bupati Pacitan, Indartato. “Dengan adanya Kampung KB dan berangkat dari Keluarga Berencana, rakyat pacitan semoga semakin sejahtera,” ujarnya.

Lebih lanjut, ia pun memaparkan pandangannya mengenai konsep 2 Anak Cukup Bahagia Sejahtera. “Setelah anak cukup 2, kedepan keluarga bisa menjadi bahagia sejahtera. Arti sejahtera itu sendiri bisa diartikan menjadi 3 bagian. Pertama, sehat, Angka Kematian Ibu dan Angka Kematian Bayi diharapkan bisa menurun, terlebih dengan adanya Kampung KB. Kedua, pintar, dan ketiga yaitu peningkatan ekonomi,” paparnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *