Bupati Situbondo Terima Tanda Penghargaan Manggala Karya Kencana

Situbondo – Bupati Situbondo H. Dadang Wigiarto, S.H dianugerahi penghargaan Manggala Karya Kencana Tahun 2020, atas dedikasi dan komitmennya sebagai kepala daerah dalam Pembangunan Keluarga Kependudukan dan Keluarga Berencana atau dikenal dengan Program Bangga Kencana di Kabupaten Situbondo. Mewakili Kepala BKKBN Pusat, Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Timur, Sukaryo Teguh Santoso menyerahkan secara langsung di Pendopo Kabupaten Situbondo pagi ini Rabu 2 September 2020.

Dalam sambutannya, Bupati Situbondo mengungkapkan bahwa segala capaian yang didapat adalah berkat kerja keras seluruh lapisan masyarakat di Situbondo, terutama para Penyuluh KB. “Penghargaan ini kami persembahkan bagi para Penyuluh KB yang sangat hebat dan bersemangat dalam bekerja sehingga berdampak positif terhadap capaian program Bangga Kencana di Situbondo. Selain itu, dukungan dari para tokoh masyarakat dan ulama turut memperlancar pelaksanaan program. Saya ucapkan apresiasi dan terima kasih setinggi-tingginya,” ungkapnya.

Pada kesempatan ini, Kang Teguh (sapaan akrab Kaper BKKBN Jatim: red) mengungkapkan bahwa Kabupaten Situbondo merupakan salah satu kabupaten terbaik di Jawa Timur yang memberikan dukungan secara penuh terhadap program Bangga Kencana. “Kami sangat berterima kasih atas dukungan dari Bapak Bupati Situbondo terhadap program BKKBN. Pertama, nomenklatur OPD-KB di Situbondo yang fokus langsung, yakni Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana. Lalu, seperti yang kita tahu bahwa dukungan tokoh agama dan masyarakat juga kuat di Situbondo. Ditambah kerja keras dari Penyuluh KB. Sehingga diharapkan kedepan bisa semakin menyukseskan program Bangga Kencana di Situbondo dan Jawa Timur”, pungkas Kang Teguh.

Dengan semakin banyaknya dukungan dari Kepala Daerah , Kang Teguh  percaya bahwa Program Bangga Kencana terus berkembang di Jawa Timur “Kami optimis, keberhasilan program KKBPK Jawa Timur akan terpelihara dengan baik, karena saat ini Jawa Timur memiliki asset yang luar biasa, yaitu para pimpinan daerah yang memiliki komitmen tinggi terhadap program KB” tambahnya.

Manggala Karya Kencana (MKK) merupakan penghargaan tertinggi dari Kepala BKKBN RI yang diberikan kepada pimpinan daerah (Bupati, Walikota, Gubernur) atas dukungannya yang luar biasa terhadap kemajuan program Bangga Kencana di wilayahnya. Penyerahan MKK tersebut, sedianya dilakukan pada saat puncak peringatan Harganas Tingkat Nasional tahun 2020 di Sumatera Barat. Namun dikarenakan adanya pandemi Covid-19 dan situasi yang tidak memungkinkan , maka penyerehan penghargaan tersebut diwakilan oleh Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Timur di Pendopo Kabupaten Situbondo sekaligus bersamaan dengan Pembinaan Penyuluh KB di Kabupaten Situbondo yang dijalankan sesuai dengan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 (humas)