Desa Bulumeduro Dicanangkan Sebagai Kampung KB di Kabupaten Tuban

Desa Bulumeduro Dicanangkan Sebagai Kampung KB di Kabupaten Tuban

BKKBN Jatim – Semangat dan geliat Kampung KB di Jawa Timur semakin banyak. Kali ini, Desa Bulumeduro, Kecamatan Bancar, Kabupaten Tuban, dicanangkan sebagai kampung Keluarga Berencana (KB) pada Selasa (15/03). Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Timur,Ir.Dwi Listyawardani, M.Sc, Dip.Com menghadiri secara langsung kegiatan yang dilaksanakan di Balai Desa Bulumeduro tersebut.

Dalam sambutannya, Dani-sapaan akrab Dwi Listyawardani menjelaskan bahwa angka prevalensi penggunaan kontrasepsi (CPR) di Jawa Timur sebesar 66,5% dan unmet need 10,48%. “Hasil capaian tersebut merupakan hitungan rata-rata, namun apabila kita cermati data masing-masing daerah, masih ada wilayah-wilayah legok yang perlu ditingkatkan lagi penggarapannya,” paparnya.

Melihat capaian tersebut diatas, BKKBN menggagas program Kampung KB. Untuk di Kabupaten Tuban, Desa Bulumeduro dijadikan sasaran Kampung KB dengan dasar bahwa di desa ini sebagai wilayah sasaran Kampung KB memang belum ada kelompok BKR, BKL, UPPKS dan PIK, sehingga perlu ada sentuhan program ketahanan dan pemberdayaan keluarga serta program Genre. “Dimana melalui program tersebut kita berharap Generasi Muda di Desa ini dapat mempunyai pemikiran ke depan untuk mengelola kehidupannya dengan merencanakan meningkatkan pendidikannya/ sekolah setingggi mungkin, kapan bekerja, kapan harus menikah dan punya anak,” ungkap Dani.

Sementara itu, Bupati Tuban H. Fathul Huda, mengatakan dengan pencanangan kampung KB, diharapkan terjadi sinergi program kampung KB. Sehingga, mampu memberikan dampak yang positif dalam upaya mengontrol laju perkembangan penduduk dan meningkatkan kesejahteraan keluarga. Selain itu, ia juga menargetkan dalam setahun ke depan desa Bulumeduro sudah bisa menjadi percontohan Kampung KB di Kabupaten Tuban.

Sumber: Bidang ADPIN BKKBN Jatim

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *