Duta Genre Harus Promosikan dan Mensosialisasikan Program-Program GenRe

Surabaya – Bunda GenRe Jawa Timur, Arumi Bachsin Emil Dardak, yang juga Ketua Tim Juri pemilihan ajang Pemilihan Duta GenRe Tahun 2021, berharap melalui Duta GenRe, agar mereka dapat mempromosikan dan juga mensosialisasikan program-program GenRe pada kalangan remaja dan juga masyarakat luas pada umumnya.

”Tugas utama kalian adalah menanamkan terlebih dahulu pada diri masing-masing makna dari menjadi remaja yang sehat, remaja yang hebat, berprestasi dan juga berakhlak mulia, jadilah teladan mulai dari sendiri untuk kemudian seumur hidup mejadi inspirasi,” kata Arumi Bachsin Emil Dardak, saat Penetapan Duta GenRe Jatim secara virtual zoom, Jumat (16/7/2021).

Arumi Bachsin Emil Dardak mengucapkan Selamat bertugas kepada duta GenRe terpilih. Ia berharap tugas yang diemban bermanfaat, dan dalam menjalani tugasnya minimal dalam satu tahun ke depan  betul-betul bisa membawa inspirasi dan juga perubahan di kalangan anak remaja.

“Sukses terus, saya yakin tantangan ke depan itu tidak sedikit, tidak perduli juara berapa yang kita raih tetapi sekalinya menjadi Duta GenRe selalu akan menginpirasi,” pesan Bu Arumi dalam penetapan Duta GenRe Jawa Timur Tahun 2021 tersebut.

Bagi Arumi, remaja merupakan calon penduduk usia produktif yang menjadi aktor pembangunan. “Harapannya sudah jelas bahwa SDM unggul harus pertama memiliki kompetensi dan juga karakter, yaitu karakter  pekerja keras, jujur, kolaboratif, solutif, dan juga enterpreneurship, serta kedua harus juga bisa kompetetif dalam menguasai ilmu pengetahuan dan keterampilan yang menguasai the emerging skills yang mampu mengisi the emerging jobs serta inovatif dalam membangun the emerging business,” paparnya.

Apalagi dengan jumlah remaja di Jawa Timur yang saat ini mencapai angka 9,4 juta jiwa atau sekitar 23,7%, menurutnya bisa menjadi kesempatan dan juga tantangan bagi semuanya.

“Bila kita hubungkan dengan bonus demografi nanti yang puncaknya diperkirakan akan hadir antara tahun 2028-2031 maka remaja saat ini merupakan calon-calon aktor atau pelaksana pembangunan pada saat nanti memasuki puncak bonus demografi, mereka merupakan kunci utama untuk dapat menjadi penerus dan juga penentu masa depan yang baik sekaligus calon ayah dan calon ibu yang akan melahirkan generasi berikutnya,” ungkapnya.

Berbagai program dengan berbagai pendekatan telah dilakukan untuk menyelamatkan remaja dari ancaman yang dapat menghancurkan masa depannya. ”Kita semua menyadari bahwa untuk menyasar remaja harus dilakukan dengan kekuatan dan juga pengaruh dari teman sebayanya serta dilakukan dengan pendekatan yang relevan dengan remaja itu sendiri, berdasarkan beberapa penelitian teman sebaya memiliki pengaruh yang besar terhadap kehidupan remaja, saya sendiri pada saat remaja juga Ketika orang tua ngomong meskipun itu benar tetapi gengsi remaja itu besar sehingga Ketika yang ngomong seorang teman dan intinya itu sama, itu bisa lebih masuk kepada diri kita,” terangnya.

Untuk itu menurutnya permasalah remaja merupakan tanggung jawab semuanya yang membutuhkan sinergitas dan kerjasama dari berbagai lembaga dan instansi untuk menyelamatkan remaja dari berbagai masalah yang mengancam baik dari dunia nyata maupun dunia maya.

“Tim Penggerak PKK Provinsi Jawa Timur sangat mendukung program-program yang menangani permasalahan remaja dari tingkat provinsi sampai di tingkat Kabupaten dan Kota dan lini lapangan melalui kader-kader PKK di seluruh Jawa Timur,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Perwakilan (Kaper) BKKBN Provinsi Jawa Timur, Drs Sukaryo Teguh Santoso, MPd, mengungkapkan, Penganugerahan Duta GenRe merupakan bentuk apresiasi kepada remaja-remaja Indonesia yang telah secara sukarela (voluntary) menjalankan perannya sebagai Pendidik dan Konselor bagi sebayanya.

“Proses ini sudah dilakukan melalui pemilihan dan seleksi yang ketat oleh dewan juri dan akan memilih yang terbaik di antara yang terbaik, terimakasih sudah mengikuti dan berproses dengan baik,” ungkapnya

Sebagai Duta GenRe, yang nantinya akan menjadi brand ambassador, sebagai rolle model tugas dan tanggung jawab yang melekat kepada mereka ke depan akan sangat menantang.

”Kita masih dihadapkan pada pandemi Covid-19, yang mana para remaja terutama sebagai Duta GenRe diharapkan juga pro-aktif untuk ikut mensosialisasikan kepada masyarakat dan remaja untuk terus menerapkan protokol kesehatan dalam kehidupan sehari-hari,” tutunya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *