Gelar Pameran Program Sekaligus KIE KKB

Gelar Pameran Program Sekaligus KIE KKB

Perwakilan BKKBN Jawa Timur berpartisipasi dalam pameran bertema Medical Expo dan UKM Binaan Jawa Timur yang diselenggarakan pada 12-18 April 2012 di Tunjungan City, Jalan Tunjungan nomor 1, Surabaya. Pameran dalam rangka menyambut Hari Kartini ini bertujuan mendukung program pengembangan pelayanan kesehatan serta pembinaan UKM di Jawa Timur. Diikuti berbagai instansi, perusahaan swasta dan masyarakat umum yang bergerak di bidang pelayanan kesehatan, seperti Rumah Sakit, Laboratorium Kesehatan, kosmetik hingga obat-obatan herbal. Beberapa stan tampak menampilkan kerajinan lokal Jawa Timur seperti tas kulit, kerajinan anyaman bambu, dan batik.

Walaupun mengetengahkan pameran program, namun pengunjung yang ada tampak ingin tahu dengan Keluarga Berencana. Awalnya pengunjung terlihat malu-malu untuk singgah di stan Perwakilan BKKBN Jatim, tetapi setelah disapa dan ditanya oleh petugas  tentang kondisi keluarga serta alat kontrasepsi yang digunakan, pengunjung pun dengan semangat menceritakan berbagai macam kondisi serta permasalahan seputar keluarga berencana di bangku konseling yang sengaja disediakan.

Pameran program seperti ini menjadi sarana yang sangat baik untuk melakukan KIE atau konseling KB secara sporadis. Ternyata masih banyak masyarakat awam utamanya kaum bapak atau suami yang belum memahami secara mendalam bahkan tidak mengerti tentang seluk beluk pengaturan kelahiran dengan menggunakan kontrasepsi, terlebih lagi tentang vasektomi atau MOP.  Padahal saat ini kaum pria atau suami dituntut berperan lebih aktif dalam upaya pengaturan kelahiran dengan menjadi akseptor KB khususnya dengan metode vasektomi. Hal ini menjadi masukan bagi Perwakilan BKKBN Jatim untuk lebih giat lagi dalam upaya sosialisasi program KKB dalam rangka mewujudkan visi misi BKKBN yakni Penduduk Tumbuh Seimbang Tahun 2015 dan Keluarga Kecil Bahagia Sejahtera. (Humas)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *