GenRe Ceria di SMAN 4 Jember, Ayub Khan Anggota DPR RI Ingatkan Kembali Fungsi Keluarga

GenRe Ceria di SMAN 4 Jember, Ayub Khan Anggota DPR RI Ingatkan Kembali Fungsi Keluarga

BKKBN Jatim – Sebanyak 700 orang dari siswa dan jajaran para pendidik di lingkungan SMAN 4 Jember mengikuti Sosialisasi Genereasi Berencana Menuju Generasi Emas Indonesia pada Sabtu (20/8). Kegiatan yang diselenggarakan di Halaman SMAN 4 Jember ini menghadirkan 4 Narasumber yaitu : Drs. Ayub Khan, M.Si – Anggota Komisi IX DPR RI, Istiqomah, S.Psi, M.Si – Dosen Psikologi Unmuh Jember, Drs. Suprihandoko, MM – Kepala Balai Diklat BPPKB Kab. Jember Eddy Ariesmanto, M. Hum – Kepala Balai Diklat BKKBN Provinsi Jawa Timur.

Banyak hal penting yang disampaikan oleh para narasumber. Misalnya, Istiqomah menjelaskan kepada siswa bahwasannya Tuhan Allah SWT telah mengkaruniakan emosi terbaik kepada manusia yaitu cinta. “Cinta yang benar adalah cinta yang berkembang sesudah pernikahan,” kata salah satu Dosen Universitas Muhammadiyah Jember ini.

Berbicara mengenai pernikahan, tidak terlepas dari yang namanya sebuah perencanaan yang matang. Melalui kegiatan ini, diharapkan para siswa bisa paham mengenai pentingnya merencanakan masa depan.Pasalnya, tak sedikit remaja yang enggan memahami secara menyeluruh mengenai pentingnya perencanaan dalam kehidupannya; setelah sekolah melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi, kapan menikah, mau punya anak berapa. Alhasil, para remaja yang tanpa perencanaan matang dalam hidupnya harus melewati goa kelam yang seharusnya bisa dihindari. Misalnya saja remaja yang sudah berani berhubungan seksual sebelum menikah kemudian berujung pada pernikahan dini. Dari sisi psikologis, mereka tentu masih belum siap mengarungi bahtera rumah tangga karena usia mereka harusnya masih harus rajin belajar guna menggapai prestasi yang tinggi. Hal ini yang juga dipotretkan oleh kelompok teater SMAN 4 yang juga tampil pada kegiatan tersebut.

Lebih lanjut, dalam dialog interaktif yang diisi oleh para narasumber berkompeten, mereka menjelaskan pentingnya peran keluarga. Pasalnya, keluarga adalah madrasah (sekolah) pertama dari seorang anak. Melalui keluarga, remaja bisa terbentuk karakternya dan ini berguna untuk mewujudkan generasi emas berkualitas kedepannya. “Keluarga itu terdiri dari ayah,ibu dan anak. Nah, jaman sekarang ini hendaknya ayah, ibu dan anak tidak terlalu sibuk dengan gadget masing-masing. Tingkatkan fungsi keluarga dengan baik,” ujar Edy.

Senada dengan Edy, Ayub Khan juga menjelaskan pentingnya fungsi keluarga dalam mewujudkan generasi emas. “Ada 8 fungsi keluarga, yakni: agama, sosial, cinta kasih, perlindungan, ekonomi, pendidikan, lingkungan serta reproduksi. Dari seluruh fungsi tersebut,fungsi yang paling fundamental adalah fungsi agama. Kalau fungsi agama sudah kuat, maka kedepannya remaja juga tidak mudah terpengaruh hal-hal negatif sehingga bisa sukses kedepan dan membentuk generasi emas,” jelas Ayub.

Lebih lanjut, Ayub menjelaskan tentang program-program BKKBN, terutamanya program GenRe. “Dalam program GenRe, remaja harus menghindari 3 hal yaitu: say no to early marriage, say no to free sex before married, and say no to drugs,” jelasnya

Antusiasme yang tinggi ditunjukkan oleh para siswa yang hadir. Hal ini bisa terlihat dari pertanyaan-pertanyaan yang dilontarkan para siswa. Misalnya salah satu siswa kelas XI Sosial I. “Sekarang ini kan ada selebgram namanya aw karin, nah itu kami sebagai remaja gimana cara mengkarin aw karin tersebut? tanyanya.

Menjawab pertanyaan tersebut, Ayub Khan kembali mengingatkan pentingnya fungsi agama. “Kembali lagi kepada fungsi agama, kalian harus punya fondasi yang kuat tentang agama. Kalau agama kalian kuat, insya allah tidak adalagi aw karin aw karin yang lain. Lalu, tentunya kalian juga harus pandai memilih teman bergaul, jangan sampai salah pergaulan dan berujung pada penyesalan,” katanya.

Pada kegiatan ini, juga dibagikan beberapa doorprize yang menarik seperti flashdisk, HP, jam dinding sampai sepeda.

Sumber: Bidang ADPIN BKKBN Jatim

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *