Genre Saka Kencana, Membentuk Karakter Pemuda

Genre Saka Kencana, Membentuk Karakter Pemuda

GenRe Saka Kencana merupakan wadah untuk membentuk karakter pemuda Indonesia agar menjadi lebih baik serta memiliki kepedulian terhadap masalah-masalah kependudukan yang lebih baik pula.

Demikian disampaikan  Deputi KS PK BKKBN Dr. Sudibyo Alimoeso, MA selaku Majelis Pembimbing Saka Kencana Tingkat Nasional pada apel siaga  Temu Genre Saka kencana Provinsi Jawa Timur  Tahun 2013 bertempat di  PCP Trawas Mojokerto (29/9).

Hadir dalam acara ini yang mewakili Ketua Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Jawa Timur, PLT. Kepala Perwakilan BKKBN  Provinsi Jawa Timur Dra. Suhartuti, MM selaku Ketua Majelis Pembimbing Saka Kencana,  Bupati Mojokerto,  Wakil Bupati Mojokerto,  Wakil Ketua Harian Kwartir Derah Gerakan Pramuka Jawa Timur, Ketua Kwarktir Cabang Gerakan Pramuka Mojokerto serta peserta apel tidak kurang dari 200 pramuka Saka Kencana.

“Saka Kencana juga sebagai wadah untuk belajar bergotong royong memecahkan aneka persoalan pemuda dan persoalan bangsa, mencegah dari pengaruh buruk yang kini banyak melanda para remaja dan pemuda” ujar Sudibyo. Ditambahkan,  BKKBN ingin menghidupkan lagi Saka Kencana yang pada tahun-tahun terakhir ini agak menurun kegiatannya.

Dikatakan lebih lanjut, Pramuka GenRe Saka Kencana merupakan wadah untuk membentuk akhlak, membentuk nasionalisme dan agar tumbuh tunas-tunas baru.

Dalam kegiatan yang merupakan revitalisasi gerakan saka Kencana tersebut  dibacakan Catur Satya GenRe yang merupakan komitmen bagi para anggotanya untuk melakukan upaya Pendewasaan Usia Perkawinan, Menghindari perilaku seks bebas atau seks pra nikah, Menghindari penyalahgunaan Napza dan bahaya narkoba lainnya serta menghidari segala perilaku yang menyebabkan HIV/AIDS atau penyakit seksual lainnya, demi mewujudkan generasi berencana yang sehat, cerdas dan ceria di Jawa Timur. (AT/Humas)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *