GERAKKAN PROGRAM KKB DENGAN MUPEN PESONA ON THE ROAD JAWARA

GERAKKAN PROGRAM KKB DENGAN MUPEN PESONA ON THE ROAD JAWARA

Surabaya, Bhirawa

Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN)  memanfaatkan secara optimal operasional Mobil Unit Penyuluhan dan Penerangan Kependudukan dan Keluarga Berencana (MUPEN KKB) untuk berkampanye sepanjang Pulau Jawa hingga Pulau Madura. Konvoi mobil penerangan KKB bergerak mulai dari Cilegon Banten, Kamis (3/5) dan berakhir di Gresik Jawa Timur pada Jumat (11/5).
Ketua Panitia Pesona Jawara MUPEN on The Road 2012 Dra Hj Paulina JS, MM mengatakan, penggerakan sasaran operasional program kependudukan dan keluarga berencana Jawa Madura (Pesona Jawara) ini merupakan kegiatan kampanye program Kendudukan dan Keluarga Berencana (KKB) yang dilakukan secara terpadu. Kegiatan ini melibatkan lintas komponen dan lintas sektor pusat dan daerah.
“Tujuannya untuk menggerakkan kembali program kependudukan dan KB, dengan memanfaatkan secara optimal operasional MUPEN KKB. Pulau Jawa dan Madura dijadikan sasaran kegiatan karena 58 persen penduduk di Indonesia saat ini berada di pulau ini yang luasnya 7 persen dari luas negara Indonesia.  Itu sama artinya, setiap kilometer persegi dihuni oleh 1.055 orang,” ujarnya.
Sementara itu, Kepala BKKBN Pusat Sugiri Syarif mengatakan diadakannya Pesona Jawara MUPEN on The Road 2012 bertujuan untuk memotivasi masyarakat untuk bersama-sama mengawal program KKB di Jatim dan Indonesia secara keseluruhan. Menurutnya dengan kerjasama banyak pihak program KKB dapat segera terealisasi. ”Memang keberhasilan KKB tidak saja dicapai oleh kerja keras BKKBN saja melainkan masyarakat dan para stakeholder juga sangat menentukan keberhasilannya,” tegasnya.
Perlu diketahui, Mupen KKB Pesona Jawara dilepas oleh Sekretaris Utama BKKBN Subagyo di Cilegon Banten, Kamis (3/5) sekitar pukul 13.00. Mupen bergerak menuju Jakarta, dan sesampai di Tomang Jakarta, konvoi Mupen KKB dijemput oleh tim dari Provinsi Banten untuk diarahkan ke Monas Jakarta Pusat.
Di Monas, Konvoi Mupen KKB disambut Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Perempuan dan Keluarga Berencana (BPMPKB) DKI Jakarta Asep Syarifudin, selanjutnya dilepas untuk ke lima wilayah Jakarta, yaitu Jakarta Pusat, Jakarta Timur, Jakarta Barat, Jakarta Selatan, Jakarta Utara dan berakhir di Gresik pada Jumat ( 11/5).

Pada Jumat (4/5) kegiatan pelayanan dipusatkan di Kramatjati. Selanjutnya, Asep Syarifudin akan melepas Mupen KKB Pesona Jawara untuk melanjutkan kampanyenya ke wilayah Karawang Jawa Barat. Sedangkan untuk para pejabat pemerintah seperti Gubernur Jabar, Gubernur Jateng, Gubernur DI Jogjakarta Sri Sultan HB X, dan bupati/walikota mengapresiasi baik konvoi ini dengan menyambut kedatangan serta ada yang turut melepas keberangkatan konvoi MUPEN ini di daerahnya masing-masing.
Sementara itu untuk konvoi mobil penerangan KKB sebanyak 37 unit yang diberangkatkan sejak 3-11 Mei 2012 mobil membunyikan sirine dan Mars KB selama perjalanan hingga menarik perhatian masyarakat untuk melihat. Mars KB dan logo besar KB di badan mobil, mengingatkan masyarakat akan program KB yang sangat bermanfaat untuk merencanakan keluarga kecil sejahtera. [dna.*]

Sumber : Harian Bhirawa (14/5/2012)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *