Hadiri Musda V JRKI Jatim, Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Timur ajak JRKI terus sosialisasikan Program Bangga Kencana

Magetan – Perkembangan media komunitas memiliki peran penting dalam membangun kesadaran publik dan mendorong terciptanya aliran informasi dua arah. Jaringan Radio Komunitas Indonesia (JRKI) sebagai salah satu media komunitas telah memiliki peran penting dalam membantu membangun kesadaran publik salah satu nya mengenai Program Keluarga Berencana khususnya di Provinsi Jawa Timur.

 

Kerjasama yang telah terjalin dalam beberapa tahun terakhir terus ditingkatkan dan pada kegiatan Musyawarah Daerah ke-5 JRKI Provinsi Jawa Timur ini, Bapak Drs Sukaryo Teguh Santoso,.M.Pd Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Timur berkesempatan hadir secara langsung untuk mengikuti kegiatan yang berlangsung di Red Hotel, Magetan, Sabtu 11 Juli 2020 pagi ini.

 

Dalam sambutan nya Kepala  perkembangan Perwakilan BKKBN Jatim tersebut mengungkapkan bahwa perkembangan  media memiliki peran penting dalam membangun kesadaran publik dan mendorong terciptanya aliran informasi dua arah. “Dengan adanya Musda ke-5 JRKI ini merupakan bukti betapa istimewanya eksistensi JRKI bagi masyarakat di tengah munculnya banyak sosial media” ungkap Pak Teguh sapaan akrab Kaper BKKBN Jatim tersebut.

 

“Tentunya, jaringan radio komunitas sendiri memiliki manfaat luar biasa bagi BKKBN yang memiliki keterbatasan mengadvokasi Program Pembangunan Keluarga, Kependudukan dan Keluarga Berencana (Bangga Kencana) yang dulunya kita kenal dengan Program KKBPK khususnya untuk masyarakat di pelosok daerah Jawa Timur” Ujarnya.

Pak Teguh juga menyampaikan terimakasih atas dukungan JRKI dalam upaya mensosialisasikan terus Program Keluarga Berencana selama ini. Beliau juga terus mengajak JRKI untuk mensosialisasikan rebranding BKKBN yang saat ini dihadapkan oleh khalayak dari generasi millenial. “Awal Tahun 2020, BKKBN melakukan berbagai perubahan strategis untuk menjangkau khalayak utamanya dengan lebih baik. Siapakah yang dimaksud khalayak utama tersebut? Yaitu kelompok millenial. Kaum millenial dianggap istimewa karena generasi ini sangat berbeda dengan generasi sebelumnya, apalagi dalam hal yang berkaitan dengan konsep diri, konsep hidup, dan penggunaan teknologi”

 

Beliau menambahkan bahwa dalam rangka menjaring komunitas tersebut, BKKBN membuat perubahan antara lain adalah: Program KKBPK menjadi Program Bangga Kencana, Perubahan Logo, Tagline “berencana itu keren”, Mars KB lebih millenial, Istilah Kampung KB sebagai Kampung Keluarga Berkualitas, dan varian alokon KB.

 

“Sasaran ini begitu penting karena adanya permasalahan kependudukan, terutama maraknya pernikahan anak dan tingginya angka kehamilan dikarenakan pandemi covid 19 yang ditakutkan akan mengakibatkan semakin tingginya angka stunting di Jawa Timur” tambah Pak Teguh.

” Oleh karena itu saat ini BKKBN berusaha memposisikan diri sebagai Sahabat yang membantu keluarga Indonesia dalam merencanakan kehidupan yang berkualitas” ujarnya .

 

Pada kesempatan tersebut Pak Teguh juga mengajak agar JRKI berperan aktif dalam mensosialisasikan pencegahan Covid-19. “Masa New Normal bukanlah akhir dari pandemi ini tapi ini adalah masa peralihan kita harus tetap mematuhi protokol kesehetan dan membantu mensosialisasikan kepada masyarakat”

 

Tidak lupa Bapak Teguh juga mengajak agar JRKI terus meningkatkan sosialisasi akan Pentingnya Ber-KB kepada masyarakat terutama di masa pandemi ini “Banyak resiko yang akan dihadapi oleh ibu jika mereka hamil pada masa pandemi ini, usahakan tidak putus Ber-KB agar tidak terjadi kehamilan yang tidak diinginkan, bagi yang memang baru ingin memiliki anak sebaiknya direncanakan dengan lebih baik lagi”

 

Dalam kegiatan tersebut hadir secara langsung Kepala Bidang ADPIN  BKKBN Jawa Timur, Kasubid AKIE BKKBN Jatim, Ketua JRKI Pusat, Plt Ketua JRKI Jawa Timur, Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Magetan, Ketua BALMON Kelas Surabaya, serta Anggota JRKI seluruh Jawa Timur (humas)