Hadiri Pembinaan Program Bangga Kencana, Kaper BKKBN Jatim Apresiasi Inovasi Aplikasi PAS (PUS Alarm Sistem) di Kabupaten Bojonegoro

Bojonegoro – 15 Juli 2020, Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Timur Drs Sukaryo Teguh Santoso, M.Pd pada hari  Rabu 15 Juli 2020 melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Bojonegoro sekaligus melakukan pembinaan dan bimbingan teknis program Bangga Kencana bagi Koordinator Penyuluh KB di Kabupaten Bojonegoro. Kegiatan dilakukan di Kantor Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, dan Keluarga Berencana Kabupaten Bojonegoro.

Dalam kegiatan tersebut Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Timur hadir didampingi oleh Sekretaris Badan, Shodiqin, SH.,MM, Kepala Bidang ADPIN, Dra. Sofia Hanik, serta  Kasubid Hubungan Antar Lembaga dan Bina Lini Lapangan, Nur Hotimah, S.Sos. Kegiatan juga dihadiri secara langsung oleh Kepala Dinas P3AKB Kabupaten Bojonegoro, dr. Hj. Anik Yuliarsih, M.Si beserta jajarannya.

 

Ibu Anik, Kepala DP3AKB Bojonegoro memaparkan bahwa dengan wilayah Bojonegoro sekarang masih membutuhkan 135 (seratus tiga puluh lima) tenaga Penyuluh KB di Bojonegoro. “Ratio Penyuluh KB dengan wilayah binaan desa saat ini adalah 1:5 dalam artian satu penyuluh menganpu 5 (lima) wilayah desa binaan, sedangkan penyuluh KB harusnya hanya meiliki 2 (dua) wilayah desa binaan, sehingga kami masih membutuhkan banyak tenaga penyuluh baru, kami sudah menyiapkan kendaraan motor operasional buat para penyuluh KB yang baru” ungkap Bu Anik.

Selain itu Kabupaten Bojonegoro juga telah mengembaangkan inovasi pencatatan Formulir R/1/PUS yang dimodifikasi secara elektronik berbasis android yang dikenal sebagai PAS (PUS Alarm Sistem). “Melalui PAS ini para penyuluh diharapkan dapat melakukan pencatatan PUS secara real time dan update setiap waktu,melacak PUS 4 (empat) terlalu by name, by addres, by case, serta menerima alarm atau notifikasi sebagai gudance KIE dan motivasi kepada akseptor KB” Ungkap Ibu Anik.

Sementara itu dalam arahannya Kepala Perwakilan BKKBN Jawa Timur menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada jajaran Dinas P3AKB Kabupaten Bojonegoro dan Para Penyuluh KB yang telah cepat merespon kebutuhan perkembangan zaman melalui aplikasi pelaporan berbasis teknologi informasi. “Generasi saat ini atau yang dikenal sebagai generasi milennial mempunyai karakteristik yang berbeda dari generasi sebelumnya cara pendekatan, kemampuan teknologi juga berbeda. Untuk mendekati kelompok ini tidak mudah, jika penyuluhan tetap kita lakukan seperti metode yg telah kita lakukan seperti jaman dulu akan tidak masuk, untuk itu saya mengapresiasi para Penyuluh KB yang telah menciptakan pelaoran Formulir R/1/PUS kedalam sebuah aplikasi berbasis android yang mana sudah sesuai dengan tuntutan generasi saat ini” Ungkap Pak Teguh sapaan akrab Kaper BKKBN Jatim tersebut.

“BKKBN juga bereaksi dengan melakukan beberapa perubahan, diantaranya loggo, tagline, KKBPK menjadi program Bangga Kencana, Kampung KB sekrang menjadi kampung Keluarga Berkualitas, semua itu bukan keinginan dari kami sendiri tetapi lebih kepada permintaan masuarakat yang saat ini lebih dari 30% merupakan generasi Milennial” tambah Pak Teguh (humas)