Ibu Vita Gamawan Buka Pameran dan Gelar Dagang Harganas XXI di Surabaya

Ibu Vita Gamawan Buka Pameran dan Gelar Dagang Harganas XXI di Surabaya

 Pameran dan Gelar Dagang produk-produk UPPKS se Indonesia digelar di Lapangan Kodam V Brawijaya Surabaya. Pameran yang diadakan tanggal 12 sampai tanggal 14 Juni 2014 tersebut dibuka secara resmi oleh Ketua Umum Harganas Ibu Vita Gamawan di dampingi oleh Kepala BKKBN Prof. Fasli Jalal dan Ketua Tim Penggerak PKK jatim Ibu Nina Soekarwo (12/6).

“Dengan pemeran ini diharapkan dapat menggugah semangat usaha keluarga-keluarga Indonesia utamanya mereka yang masih dalam kategori prasejahtera dan KS I dalam mengembangkan UPPKS” harap Ibu Vita Gamawan dalam sambutannya. Ditambahkan dengan pameran seperti ini dapat digunakan saling tukar pengalaman antar perajin dalam meningkatkan kualitas produksinya dan juga untuk memperluas pemasaran.
“Pameran ini juga merupakan kepedulian pemerintah terhadap keluarga-keluarga dalam usaha untuk meningkatkan pendapatannya, sebagai upaya untuk lebih mensejahterakan keluarga-keluarga agar menjadi keluarga kecil sejathera yang semakin berkualitas” tandas Ibu Vita Gamawan.


Keluarga tidak saja jadi obyek pembangunan tetapi juga subyek pembangunan. Pemerintah melihat pentingnya keluarga dalam membimbing putra putrinya menjadi cerdas, cermat, ceria, beragama, beraklak, sebagai generasi yang akan meneruskan perjuangan bangsa mencapai tujuan yang lebih baik.

Sementara itu Kepala BKKBN Prof. Fasli Jalal saat memberikan sambutan dalam upacara pembukaan pameran berharap, 67 juta keluarga Indonesia, dengan peringatan Harganas ini akan mengingatkan mereka untuk meninjau apakah delapan fungsi keluarga sudah dilakukan dalam keluarga mereka. Niscaya seandainya  para keluarga setiap tahun selalu meninjau pelaksanaan fungsi keluarga, dan selalu berupaya memperbaiki akanlah tercipta keluarga yang semakin berkualitas.  Bagaimana fungsi agama dilakukan, cinta kasih ditanamkan, rasa sosial semakin tinggi,  mau terus belajar sepanjang hayat,  menjaga kesehatan reproduksi dengan tidak sering melahirkan atau kawin terelalu muda, mau menjaga laingkungan, dan sudah barang tentu fungsi ekonomi yang terus diupayakan meningkat. Hari keluarga juga merupakan refleksi keluarga Indonesia yang terus berjuang menjadikan keluarga hidup lebih sejahtera.

Upacara pembukaan pemeran dan gelar dagang produk  UPPKS se Indonesia juga diselingi dengan penyerahan hadiah lomba PKK untuk kategori pemenang ke II sampai ke pemenang Harapan. Pemenang pertama dalam lomba PKK ini akan diserahkan pada puncak acara peringatan Harganas  tanggal 14  juga di Lapangan Kodam V Brawijaya Suyrabaya.

Dalam lomba ini Jawa Jawa Timur berhasil meraih Upakarti  Utama II Lomba Posyandu oleh Posyandu Cempaka Ngawi, Lomba LBS Upakarti Utama II diraih Desa Donorejo Pacitan dan juara III diraih desa Petamanan Panggungrejo Pasuruan.

Pada puncak acara Jawa Timur akan menerima  Upakarti Utama I dalam lomba PKK KB Kes diwakili Desa Sumber Sekar, Dau Kab. Malang, lomba Posyandu Kota dimenangkan Posyandu Alpokat Kel. Tanjungrejo Kec. Sukun Kota Malang, dan Lomba PHBS dimenangkan desa Pelem Karangrejo Magetan.

Pameran UPPKS ini merupakan kesempatan bagus bagi warga Surabaya untuk melihat dari dekat hasil kerajinan dari seluruh Indonesia yang jarang bisa dijumpai.

Usai menghadiri pembukaan pameran Kepala BKKBN Prof. Fasli Jalal membuka  Seminar Remaja di Hotel Mercure Surabaya. Seminar ini untuk meningkatkan pengetahuan bagi masyarakat khususnya remaja tentang program Kependudukan  KB dan Pembangunan Keluarga serta Program lainnya. Seminar ini diadakan  setiap Hari Keluarga.

Dari Hotel Mercure diteruskan menghadiri Saresehan nasional PKB/PLKB di asrama Haji Sukolilo. Saresehan ini untuk meningkatkan pengetahuan dan kompetensi bagi Petugas Lapangan KB se-Indonesia tentang program Kependudukan, KB dan Pembangunan Keluarga serta Program lainnya. Pembukaan Sarasehan ini dihadiri Eselon 1 dan 2 terkait BKKBN, Kepala Perwakilan BKKBN se-Indonesia kurang lebih 60 orang dan peserta Sarasehan 300 orang.

(AT/Humas Perwakilan BKKBN Jatim)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *