Ikut KB Perusahaan Bikin Karyawan Makin Produktif

Ikut KB Perusahaan Bikin Karyawan Makin Produktif

 

Program Keluarga Berencana (KB) bertujuan tidak hanya untuk menekan jumlah penduduk tetapi juga kesejahteraannya. Program KB Perusahaan misalnya, dengan keluarga kecil bahagia, karyawan yang ikut program ini diharapkan bisa lebih produktif.

Ada sekitar 16 ribu perusahaan di seluruh Indonesia yang tergabung dalam Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo), baik perusahaan besar, menengah dan kecil. Untuk meningkatkan produktivitas, perusahaan-perusahaan ini pun didorong untuk ikut Program KB Perusahaan.

“Anggota Apindo seluruh Indonesia sekitar 16 ribuan, tapi itu variasi ada yang besar, menengah dan kecil. Tapi kami Apindo, walaupun belum menjadi anggota, ingin menjadikan suatu kewajiban, mendorong program KB ini menjadi tanggung jawab bersama, termasuk tanggung jawab dunia usaha,” jelas Nina Tursinah, SSos, MM, Ketua Bidang UKM, Perempuan Pengusaha, Perempuan Pekerja, Gender, dan Sosial DPN Apindo, di sela-sela acara Workshop Rencana Aksi Nasional KB Perusahaan, Denpasar, Bali, Kamis (8/11/2012).

Menurut Nina, semua pengusaha mempunyai hak dan kewajiban yang sama, termasuk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) sekalipun.

Salah satu kewajibannya adalah menjadikan program KB sebagai suatu kebutuhan dunia usaha.

“Harus dijalankan karena memang dampaknya luar biasa. Kita sudah buktikan, ketika KB dijalankan karyawan pasti merasakan kesejahteraanya, produktivitas juga naik. Ketika karyawan merasa aman dan nyaman di keluarganya, pasti dia akan bekerja dengan enjoy,” ujar Nina.

Program KB Perusahaan, lanjut perempuan berjilbab ini, sebenarnya sudah berjalan di perusahaan-perusahaan besar dan multinasional. Yang kini sedang gencar dilakukan pembinaan oleh Apindo dan BKKBN adalah untuk unit UKM (Usaha Kecil Menengah) dan UMKM, yang jumlahnya mencapai 53 juta perusahaan.

Nina menuturkan dari 53 juta unit, 99,89 persennya adalah UMKM dengan jumlah karyawan 94 juta.

“Malah dia (UKM dan UMKM) nggak perlu jadi anggota, kita jadikan dia binaan. Dia tidak perlu membayar, tapi kita berikan manfaat dulu, termasuk manfaat KB di mikro dan kecil,” ucap Nina.

Sumber : http://health.detik.com/read/2012/11/08/182623/2086421/763/ikut-kb-perusahaan-bikin-karyawan-makin-produktif?d992201287

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *