Insan GenRe Kota Madiun Dinobatkan Jadi “Pendekar Waras”

Sindikat Post, Madiun – Perwakilan Badan Kependudukan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Jawa Timur, dalam rangka memperingati Hari Remaja Internasional dan sosialisasi program Bangga Kencana mengadakan rangkaian kegiatan besar di delapan kota / Kabupeten.

Kegiatan besar tersebut adalah Bhakti Saka Kencana, Bhakti Duta GenRe, dan Promosi GenRe. Hari ini kegiatan Bhakti Duta GenRe di gelar di Kota Madiun, Minggu (30/8/2020), di Taman Lalulintas Bantaran kota Madiun, jalan A.Yani, Madiun.

Hadir dalam acara, Kepala Perwakilan (Kaper) BKKBN Provinsi Jawa Timur, Drs. Sukaryo Teguh Santoso, M.Pd., Walikota Madiun Drs.H. Maidi, S.H., M.M., M.Pd., Ketua TP PKK Kota Madiun, Yuni Setyawati Maidi, dan Direktur RSUD Kota Madiun dr. Agus Nurwahyudi, Sp.S.

Hadir juga Kepala Dinas Kesehatan dan KB Kota Madiun dr. Agung Sulistya Wardani, M.M.Kes., dan Kabid Pemerintahan Bakorwil Madiun, Syamsul Hady, serta jajaran pejabat BKKBN Jawa Timur antara lain Kabid Keluarga Sejahtera dan Pemberdayaan Keluarga (KS-PK), Dra. Suhartuti, M.M., dan Kasubdit Bina Ketahanan Remaja (BKR), Yuyun Evriana, S.E., serta Juara 1 Duta GenRe Tingkat Provinsi Jawa Timur, Dhefara Hersaning Jati.

Rangkaian acara dimulai dengan Flas Mob bersama, dan di lanjutan dengan pembukaan panitia, serta penyerahan bantuan berupa gentong cuci tangan, thermogun, dan penyerahan hadiah lomba promosi Bina Keluarga Balita (BKB) berbasis IT juara 3, kepada BKB Asri Kelurahan Banjar Rejo, Kecamatan Taman, kota Madiun, dan kesempatan itu insan GenRe melakukan pembagian sembako, masker, dan leaflet BKKBN kepada 275 keluarga pra sejahtera, dan keluarga sejahtera 1.

 

“Hari Remaja Internasional diperingati setiap 12 Agustus Tahun ini mengambil Tema Keterlibatan Remaja untuk Aksi dunia. Jadi Remaja bisa jadi ujung tombak dalam pencegahan penyebaran virus Corona, dan memainkan peran penting dalam pengelolaan dan pemulihan setelah wabah Covid 19 ini,” tutur Walikota Madiun dalam sambutannya.

Didalam berdialog dengan duta GenRe, walikota Madiun menyampaikan bahwa Insan GenRe di Kota Madiun di nobatkan menjadi PENDEKAR WARAS. “Insan GenRe singkatan dari Generasi yang Punya Rencana di nobatkan menjadi “PENDEKAR WARAS” singkatan dari Penegak Disiplin protoKol kesehAtan tangkal coRonavirus WARgA Sehat. Jadi insan GenRe di kota Madiun sekarang menjadi “PENDEKAR WARAS,” jelas Walikota.

Acara dilanjutkan dengan  Talkshow, dan sebagai host  adalah Duta GenRe, Dhefara Hersaining Jati, dengan nara sumber pak Teguh sapaan akrab Kaper BKKBN Jatim dan Kadis Kesehatan dan KB Kota Madiun, dr. Agung Sulistya Wardani, M.M.Kes.

“Remaja diharapkan dapat menjadi remaja yang sehat dan berkualitas. BKKBN mempunyai program Bangga Kencana yang didalamnya termuat program GenRe untuk menjadikan remaja berkualitas, serta program Pendewasaan Usia Perkawinan (PUP) sehingga remaja bisa merencanakan kehidupannya,” jelas pak Teguh dalam pembukaan Talkshow.

“Jadi sangat Penting para remaja memahami Program Bangga Kencana agar siap menghadapi masa depan dan kesiapan memasuki jenjang pernikahan. Dan dimasa pandemi ini melalui insan GenRe, upaya pencegahan penyebaran virus Covid 19 terus digalakkan di seluruh wilayah Jawa Timur,” pungkas pak Teguh.

Kesempatan itu, dr. Agung Sulistya Wardani, menyampaikan insan GenRe harus berbagi mempersiapkan diri dengan baik. “Jangan segan segan memberikan ilmu kepada remaja sekitar sehingga dapat menyiapkan masa depan yang baik dan berkualitas,” ungkapnya.

Disampaikan juga oleh dr Agung Sulistya Wardani, bahwa dirinya Mengapresiasi kepada Perwakilan BKKBN Jatim yang mengambil tempat Kota Madiun sebagai salah satu lokasi kegiatan Aksi Genre Jatim.

Suhartuti Kabid KS-PK BKKBN Jatim menyampaikan, “Dengan adanya kegiatan Bhakti Duta GenRe, diharapkan bisa menyalurkan semangat dan kreativitas Insan GenRe, serta kepedulian kepada keluarga kurang mampu. Dan dalam pandemi ini mengambil peran untuk edukasi ke masyarakat terkait bahayanya Corona dan penerapan protokol kesehatan untuk mencegah penularan virus.”

Selesai acara Talkshow, pak teguh beserta duta GenRe dan rombongan mendatangi Kelurahan Kelun, Kec Kartoharjo Kota Madiun. Dalam kesempatan itu diketahui bahwa Para kader KB di Kota Madiun sudah akrab dengan IT.

Mereka telah menggunakan komunikasi melalui media, wa, dan online dalam melakukan pembinaan ke keluarga binaannya, terlebih dimasa pandemi Covid 19. Hal itu dijelaskan pak Teguh setelah diberi penjelasan oleh Ketua Poktan BKL Kelurahan Kelun.

“Dalam menjangkau anggota BKL yang berjumlah 30 keluarga, selain kunjungan rumah juga menyapa warganya dengan menggunakan WA Group. Upaya ini untu menjangkau seluruh keluarga binaannya tanpa harus bertemu secara langsung melalui pertemuan. Begitu juga dalam kegiatan Posyandu, para kader melakukan kunjungan rumah ke rumah melakukan penimbangan dan hasilnya dicatat dalam Kartu Menuju Sehat (KMS). Pada saat kunjungan rumah tersebut, sekaligus melakukan edukasi kepada masyarakat tentang 3M untuk mencegah Covid 19, dan memberikan makanan tambahan,” ujar pak Teguh.

Di akhir kegiatan, pak Teguh menerangkan bahwa Kegiatan ini merupakan rangkaian kegiatan Aksi Genre dan Bhakti SAKA KENCANA yang dilakukan di 40 titik dari 8 kab/Kota di Jatim. Pemerintah Kota Madiun menyambut baik kegiatan aksi sosial tersebut, karena menyentuh langsung kepada para keluarga. Terlebih dimasa pandemi covid 19, kehadiran dan perhatian pemerintah turun ke masyarakat secara langsung sangat dirindukan. @red