IPeKB Akan Pilih Pengurus Baru

IPeKB Akan Pilih Pengurus Baru

Karena habisnya masa bhakti pengurus IPeKB Jawa Timur periode 2008 – 2012, IPeKB Provinsi Jawa Timur berencana mengadakan Musda yang akan dilaksanakan di Surabaya pada tanggal 16-17 September 2013. Disamping untuk memilih pengurus baru, Musda diharapkan akan mampu mendorong meningkatnya capaian program KB di lini lapangan, dengan adanya dukungan banyak pihak tentang pentingnya program KKB melalui penggerakan lini lapangan.

Demikian dikatakan Kepala Bidang ADPIN Perwakilan BKKBN Prov. Jatim Waluyo Ajeng L, SSt, MM di kantornya, Kamis (12/9). Ditambahkan, untuk mengawali Musda sejumlah narasumber akan menyampaikan materi kepada peserta, antara lain dari anggota DPRD Jatim, BKKBN Perwakilan Jatim dan dari Badan PP dan KB Prov. Jatim.

Kabid ADPIN dalam kesempatan ini menyatakan keprihatinannya atas penurunan kinerja  pelaksanaan KB di lini lapangan yang disebabkan oleh semakin menurunnya rasio jumlah penyuluh KB dibanding jumlah desa/kelurahan,  wilayah binaan makin berat dan jauh dari ideal. Secara nasional rata rata satu penyuluh KB membina 4 desa/kelurahan, bahkan ada satu kecamatan hanya dipegang oleh satu PKB. Dilain pihak, jabatan Penyuluh KB dinilai sudah tidak menarik karena sulitnya penyesuaian berkaitan dengan kenaikan pangkat.  Demikian juga biaya operasional PKB kurang mendapat dukungan nyata.

Ditambahkan, pendataan dan pemetaan sebagai dasar perencanaan operasional tidak dapat dikerjakan dengan baik oleh petugas di lapangan, sehinga menghasilkan data yang tidak akurat dan hal tersebut disebabkan oleh dukungan sarana dan anggaran atas pendataan yang kurang sesuai, apalagi jika dibandingkan dengan pendataan BPS . (AT/Humas Perwakilan BKKBN Jatim)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *