Ivan dan Khaleda Wakili Jatim Ke Lomba Duta Mahasiswa GenRe Tingkat Nasional

Ivan dan Khaleda Wakili Jatim Ke Lomba Duta Mahasiswa GenRe Tingkat Nasional

Setelah melalui penilaian yang ketat akhirnya Tim Juri Lomba Duta Mahasiwa GenRe Tingkat Jawa Timur yang diselenggarakan di Universitas Muhammadiyah Malang, pertengahan April lalu berhasil memutuskan Ivan Firstya Nugraha dari Kabupaten Ponorogo dan Khaleda Pramodha Wardani dari Kabupaten Kediri menjadi pemenang terbaik Duta Mahasiwa Genre 2012 tingkat Jawa Timur.

Kedua Mahasiswa dan Mahasiswi dari kota Reog dan Tahu itu selanjutnya ditetapkan menjadi utusan Jawa Timur untuk mengikuti Lomba Duta Mahasiswa GenRe Tingkat Nasional yang akan diselenggarakan di Hotel Kartika Chandra Jakarta  tanggal 6 – 11 Mei 2012 yang akan datang.

“Tidak ada persiapan khusus untuk kedua wakil Jatim itu, hanya penambahan wawasan tetang KKB” ungkap Kepala Bidang Keluarga Sejahtera dan Pemberdayaan Keluarga Perwakilan BKKBN Jatim Drs. Ramli Charles P., Apt.

Dijelaskan, Lomba Duta Mahasiswa GenRe bertujuan untuk mensosialisasikan program GenRe dikalangan mahasiswa serta meningkatkan pengetahuan, sikap dan perilaku untuk berperilaku sehat dan berakhlak. Lomba ini juga untuk mempromosikan program GenRe melalui figur Duta Mahasiswa, menumbuhkan dan mengembangkan PIK Mahasiswa melalui pendekatan ramah mahasiswa, menyiapkan figur mahasiswa untuk menjadi model, contoh dan teladan bagi teman mahasiswa sebaya.

Seperti diketahui permasalahan remaja pada saat ini merupakan permasalahan yang sangat kompleks. Disamping jumlahnya yang sangat banyak, yaitu mencapai 27, 6 % dari total penduduk Indonesia atau sekitar 64 juta jiwa, disamping itu remaja juga rentan akan kasus kawin muda, terlibat dalam penyalahgunaan napza, serta beresiko terkena HIV dan AIDS. Data menunjukkan bahwa usia kawin pertama di Indonesia pada perempuan baru mencapai 19,8 tahun (SDKI, 2007). Padahal diharapkan usia kawin pertama wanita adalah 21 tahun. Sementara itu data dari BNN menunjukkan bahwa jumlah pengguna napza sampai dengan tahun 2008 adalah 115.404 orang. Dimana 51.986 (45,04%) dari total pengguna adalah mereka yang berusia remaja (usia 16 – 24 tahun). Mereka yang pelajar sekolah berjumlah 5.484 orang (4,75 %) dan mahasiswa berjumlah 4.056 orang (3,51 %) data BNN 2008.

Untuk kasus HIV AIDS, menunjukkan bahwa hampir setengahnya (45,9%) dari 26.483 orang (kumulatif kasus AIDS) berasal dari kelompok usia 20-29 tahun. Jika dikaitkan dengan karakteristik AIDS yang gejalanya baru muncul setelah 3-10 tahun terinfeksi, maka hal ini semakin membuktikan bahwa sebagian besar dari mereka yang terkena AIDS telah terinfeksi pada usia yang lebih muda. Melihat data diatas upaya preventif terhadap HIV AIDS perlu dilakukan sejak dini kepada remaja.

Dalam hal ini BKKBN sebagai salah satu intansi pemerintah merespon permasalahan remaja melalui program Generasi Berencana (GenRe). Program ini dilaksanakan melalui dua pendekatan, yaitu pendekatan kepada remaja itu sendiri malui pengembangan PIK Remaja/Mahasiswwa (PIK R/M) dan pendekatan kepada orang tua melalui pengembangan kelompok Bina Keluarga Remaja (BKR).

Selain menetapkan pemenang terbaik satu Lomba Duta Mahasiswa GenRe 2012, tim juri independen juga telah menetapkan pemenang untuk pria, terbaik dua Lucky Indra Perdana dari Kabupaten Bangkalan, terbaik tiga Muhammad Liyono dari Kabupaten Situbondo dan Harapan Yoki Hendra Sugiarto dari Kabupaten Situbondo. Sedang untuk terbaik dua putri direbut Iva Fendi Kurnia dari Kabupaten Lumajang, terbaik tiga  Noviana Hary A. dari kota Malang dan Harapan Dea Winadry dari Kota Kediri. (AT/Humas).

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *