JAMBORE PUSAT INFORMASI DAN KONSELING – MAHASISWA TAHUN 2010

JAMBORE PUSAT INFORMASI DAN KONSELING – MAHASISWA TAHUN 2010

Indonesia adalah negara yang mempunyai potensi penduduk yang cukup besar. Dengan jumlah penduduk yang sudah mencapai lebih dari 200 juta jiwa tentunya adalah potensi yang cukup besar dalam memenangkan persaingan global. Melihat dari struktur piramida, penduduk muda mempunyai jumlah terbesar. Penduduk muda itu termasuk adalah mahasiswa. Sebagai komponen bangsa, mahasiswa diharapkan sebagaiagent of change yang mampu memberi perubahan kapada bangsa ke depan untuk lebih baik. Akan tetapi yang muda dan berpendidikan seperti mahasiswa bukan tanpa masalah. Narkoba, sex bebas dan kenakalan remaja lainnya menjadi momok yang cukup menakutkan. 

 Dengan menggandeng Perguruan Tinggi Negeri / Swasta melalui MoU yang sudah disepakati sejak tahun 2009 BKKBN Provinsi Jawa Timur menindaklanjuti kegiatan seperti pembentukan PIK Mahasiswa yang berada dimasing-masing kampus se-Jawa Timur. Salah satu upaya percepatan pembentukan PIK Mahasiswa tentunya perlu diadakan pelatihan yang mengikutsertakan mahasiswa sebagai Pendidik maupun Konselor Sebaya yang pada akhirnya bisa sebagai ujung tombak dalam pencegahan kenakalan maupun permasalahan remaja.

 Keberhasilan sebuah program tentunya tidak lepas dengan dilaksanakannya evaluasi. Melihat hal tersebut maka BKKBN Provinsi Jawa Timur mengadakan sebuah kegiatan yang dikenal sebagai‘JAMBORE PUSAT INFORMASI DAN KONSELING – MAHASISWA TAHUN 2010’. Kegiatan yang dilaksanakan pada tanggal 30 – 31 Juni 2010 dan bertempat di Wisma Betlehem Poh Sarang Kab.Kediri. Kegiatan akan diikuti oleh dua formasi peserta yaitu peserta aktif dan peserta observer.

Peserta aktif adalah peserta yang mengikuti dengan lengkap seluruh rangkaian acara yang terdiri adalah pengurus PIK-Mahasiswa dari PTN/PTS yang sudah menjalin kesepakatan(MoU) yang berjumlah 60 Peserta, pengurus PIK-Remaja Tahapan Tegak Se-Jawa Timur sejumlah 76 Peserta. Sedangkan peserta Observer adalah Mahasiswa yang melaksanakan COP yang terdiri dari Mahasiswa UK.Petra dan mahasiswa yang berasal dari beberapa negara (Belanda, Jepang, Korea Selatan, Hongkong, Taiwan) yang berjumlah 120 orang. Selain itu kegiatan ini dihadiri oleh Kepala BKKBN Provinsi Jawa Timur Drs.Muhammad Is, MM ; Bupati Kab.Kediri yang dalam hal ini di wakili oleh Kepala Badan PP dan KB Kab.Kediri Drs.Sudibyo G S ,M.Si  ; Sekertaris Badan BKKBN Provinsi  Jawa Timur Ir. Dwi Listyawadani, M.Sc; Plh Kabalatbang KBN Jawa Timur M.Sholikhan Syakur, SH,M.Si dan Kepala Bidang KB-KR Kustiyah Wardhani, S.S sebagai Leading Sectorpembinaan Pusat Informasi dan Konseling – Mahasiswa.  Jambore PIK Remaja –Mahasiwa ini juga mendapat perhatian yang besar dari BKKBN Pusat dimana kegiatan ini dihadiri oleh Drs. M. Masri Muadz, M.Sc. Direktorat Remaja dan Perlindungan Hak-Hak Reproduksi  dan berkenan  memberikan materi yang berjudul Adolescent Reproductive Health: Policy, Strategy and Program (Indonesian Exsperience).Kegiatan ini di buka secara resmi oleh Kepala BKKBN Provinsi Jawa Timur Drs.Muhammad IS, MM yang dalam sambutanya memberikan apresia yang besar dalam suksesnya kegitan ini dimana selain sebagai rangkaian kegiatan peringatan Hari Keluarga Nasional (HARGANAS) XVII juga dihadiri oleh 120 Peserta Asing yang diharapkan bisa dilakukan sharing experince terhadap perkembangan atau isu tentang program kesehatan reproduksi  khususnya bagi remaja dan mahasiswa.

Pelaksanaan kegiatan ini pada ahirnya di harapkan mampu memberikan harapan baru dalam mengatasi permasalahan remaja khususnya tentang kesehatan reproduksi dimana keprihatinan terhadap kehidupan sex bebas, penggunaan narkotika sudah cukup mengkhawatirkan dan seperti fenomena gunung es; sekaligus sebagai pengungkit kinerja program BKKBN Provinsi Jawa Timur khususnya dalam terbentuknya PIK yang telah masuk dalam tahapan tegak serta harapan pula BKKBN Provinsi Jawa Timur sebagai salah satu komponen bangsa yang sadar akan pentingnya pemuda yang sehat secara fisik dan mental sebagai pemimpin bangsa di masa depan.( Iy,Mel:latbang)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *