Kenalkan Teknologi Informasi Pengelolaan Program KKBPK, Sekretaris Perwakilan BKKBN Provinsi Ikuti Pembelajaran Best Practice di Jawa Timur

Rabu (18/09) Sekretaris Badan Perwakilan BKKBN Provinsi dari seluruh Indonesia menghadiri Pembelajaran Best Practice Pengelolaan Dukungan Manajemen Kesekretariatan di Kantor Perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Timur. Acara yang dibuka Kepala Perwakilan BKKBN Jawa Timur, H. Yenrizal Makmur, SP, MM ini selain bertujuan memaparkan keberhasilan serta inovasi Jawa Timur dalam pengelolaan program KKBPK juga bertujuan memberikan informasi tentang Strategi, Kinerja BKKBN dan Balance Score Card serta Reformasi Birokrasi Zona Integritas Wilayah Bebas Korupsi yang masing – masing disampaikan Kepala Biro Perencanaan BKKBN, Ir. Siti Fatonah, MPH dan PLT. Kepala Biro Hukum Organisasi dan Humas, Ratna Juwita Razak.

Kepala Perwakilan BKKBN Jatim, H. Yenrizal Makmur, SP, MM. menyebut, tahun ini Perwakilan BKKBN Jatim berhasil memperoleh Peringkat I Capaian IKPA (Indikator Kinerja Pelaksanaan Anggaran) Semester I Tahun Anggaran 2019 dari 238 satker yang ada di Jawa Timur. Hal ini tidak lepas dari komitmen para pengelola program di wilayah Kabupaten / Kota yang merencanakan dengan baik kegiatan yang akan dilakukan, dan melaporkan secara rutin tiap bulannya ke provinsi. Sehingga seluruh kegiatan dapat termonitor dari segi pelaksanaan maupun keuangannya.

Dalam upaya penerapan e-government, Perwakilan BKKBN Jatim juga melakukan terobosan melalui penggunaan dan pengembangan berbagai aplikasi berbasis online, antara lain aplikasi surat menyurat, aplikasi SIM-K dan DUPAK Online.

Aplikasi SIM-K, digunakan untuk menunjang kegiatan perjalanan dinas, dan saat ini telah dilakukan pengembangan SIM-K berbasis web agar lebih cepat dan mudah diakses pelaksana kegiatan. Aplikasi surat menyurat berfungsi untuk memudahkan pengelolaan, pengarsipan surat masuk, keluar, dan pendistribusian disposisi pimpinan. Sedangkan Aplikasi DUPAK Online, yang saat ini sedang dalam proses pengembangan, nantinya diharapkan menjadi sarana untuk memfasilitasi pengisian DUPAK kegiatan bagi 2.105 Penyuluh Keluarga Berencana yang tersebar di 38 Kab/ Kota di Jawa Timur. Aplikasi bernama SIAP KB (Sistem Informasi Angka Kredit Penyuluh Keluarga Berencana) ini akan segera diujicobakan ke beberapa wilayah Kabupaten / Kota di Jawa Timur dan diharapkan dapat digunakan pada Januari Tahun 2020 mendatang.