Kini, Kontrasepsi Juga Mampu Tunjang Kecantikan Wanita

Kini, Kontrasepsi Juga Mampu Tunjang Kecantikan Wanita

Menurut data Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasionalpada 2016 di Indonesia, terdapat empat juta kelahiran setiap tahunnya. Angka tersebut sangat besar, mengingat kepadatan penduduk di Indonesia semakin meningkat.

Kesadaran masyarakat akan pentingnya memiliki keluarga berencana, mesti digalakkan untuk menurunkan angka kehamilan yang tidak diinginkan, menurunkan angka aborsi, menurunkan angka kematian ibu dan anak. Berdasarkan data terkini dari World Contraception Day Coallition diperkirakan bahwa penggunaan kontrasepsi dapat mengurangi angka aborsi dan kematian bayi.

“Data World Contraception Day Coallition, kontrasepsi dapat menurunkan 112 juta aborsi, 1,1 juta kematian bayi, dan 150 ribu kematian ibu. Bahkan, setiap US$1 yang diinvestasikan untuk kontrasepsi, dapat menghemat US$1,47 dolar dalam perawatan kesehatan untuk kehamilan. Hal tersebut juga berdampak pada berkurangnya jumlah angka kematian ibu melahirkan, dan angka kematian bayi yang baru lahir,” ujar GM Family Planning & Reproductive Health DKT Indonesia, dikutip dari rilis DKT, Rabu 27 September 2017.

Sejalan dengan itu, kontrasepsi dianggap mampu memainkan perannya dalam kesehatan fisik dan emosional seorang wanita. Dengan pemakaian kontrasepsi, perencanaan kehamilan dapat dilakukan dengan baik.

“Kontrasepsi memungkinkan wanita menjadi orang tua yang lebih baik. Pasangan yang merencanakan anaknya cenderung lebih berbahagia. Sementara, pasangan yang mengalami kehamilan tidak direncanakan, sering mudah depresi dan cemas,” ujar spesialis kandungan Brawijaya Women & Children Hospital dr. Tirsa Verani, Sp.OG, di kesempatan yang sama.

Lebih lanjut, mereka yang tidak siap menjadi orang tua lebih cenderung mengembangkan hubungan buruk dengan anak mereka. Selain itu, lanjut Tirsa, kehamilan dengan jarak yang berdekatan salah satunya dapat menyebabkan bayi lahir dengan berat lebih rendah.

Manfaat lainnya yang tidak kalah menarik, yaitu kontrasepsi yang mampu memulas kecantikan kaum wanita. Dengan teknologi terkini, kontrasepsi sudah bisa memberikan manfaat baik tersebut.

“Seiring dengan kemajuan riset dan kebutuhan wanita masa kini, kontrasepsi generasi baru diciptakan dengan memberi nilai lebih. Ada yang memiliki kandungan zat besi, dapat membantu mencegah jerawat, dan membuat kulit halus,” papar Tirsa.

 

 

sumber: https://www.bkkbn.go.id/detailpost/kontrasepsi-kini-juga-mampu-menunjang-kecantikan-wanita

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *