KKN-BBM UNAIR ADAKAN PENYULUHAN KB DI KELURAHAN SUKOLILO

KKN-BBM UNAIR ADAKAN PENYULUHAN KB DI KELURAHAN SUKOLILO

Ada yang berbeda dengan acara PKK di Kelurahan Sukolilo kali ini. Dalam kegiatan PKK yang diadakan hari Senin, akhir Juli lalu terlihat ikut serta  mahasiswa-mahasiswi berjas biru, Mahasiswa Unair. Ya, Acara PKK kali ini terasa berbeda karena diadakannya penyuluhan bertemakan “Keluarga Berencana dan Kesehatan Reproduksi Wanita”.

Acara yang dibuka Lurah setempat, dihadiri pula oleh Ketua PKK Sukolilo. Penyuluhan oleh Ni Ketut Alit, S.Kep , membahas seputar anatomi organ reproduksi wanita, masalah-masalah kesehatan reproduksi wanita dan siklusnya, pentingnya ikut serta dalamprogram Keluarga Berencana serta contoh-contoh alat kontrasepsi. Acara menjadi menarik karena cara membawakan materi Ibu Alit  sangat menyenangkan

Dalam sesi tanya jawab dan diskusi bersama, ibu-ibu PKK terlihat bertanya dengan antusias. Salah satunya adalah Ibu Ida, 41, menanyakan tentang kebenaran saran temannya untuk menggunakan pil KB yang bisa membuat wajah tambah cantik. Dengan tersenyum, Bu Alit menyatakan bahwa itu benar adanya, sebab salah satu contoh pil KB mempengaruhi hormon wanita sehingga bisa terdapat efek wajah tambah halus dan bercahaya. Lain lagi dengan Ibu Hasmiah,40, yang menanyakan apakah benar bayi bisa tumbuh diluar rahim. Bu Alit pun membahas tentang
Kehamilan Ektopik Terganggu tersebut, yaitu bahwa hal itu bisa terjadi oleh berbagai faktor dan bila terjadi akan berbahaya baik untuk ibu dan janin. Berbahaya untuk ibu karena dapat menyebabkan pecahnya tuba, perdarahan, dll. Berbahaya untuk janin karena menyebabkan kurangnya nutrisi dan aliran darah dari ibu ke janin sehingga janin tidak dapat tumbuh hingga 9 bulan. Setelah Sesi Tanya Jawab selesai, acara dilanjutkan dengan penyerahan souvenir berupa paket buku seputar Keluarga Berencana dari Perewakilan BKKBN Jatim kepada Bu Lurah dan Ketua PKK. Acara ditutup dengan pembagian doorprize bagi sepuluh ibu PKK yang beruntung.

Kehadiran Mahasiswa Unair dalam acara ini adalah sebagai penyelenggara. Perlu diketahui bahwa ada 19 mahasiswa yang saat ini sedang melakukan KKN-BBM  di daerah ini. Acara  penyuluhan tetang KB merupakan salah satu wujud kegiatan KKN-BBM Mahasiswa Unair tersebut. Acara penyuluhan mendapat dukungan dari Perwakilan BKKBN Jatim (Florestia/At)

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *