Lamongan Kini Miliki 33 Kampung KB

Diposting 5-Apr-2017 Oleh

IMG_0290

Sebanyak 33 Desa di Lamongan ditetapkan sebagai Kampung Keluarga Berencana (KB).  Dari 33 desa, 32 kampung diantaranya dicanangkan sekaligus oleh Bupati Lamongan, Fadeli di Desa Brumbun, Kecamatan Maduran, Senin (27/3/2017).
Pada kesempatan tersebut, Deputi Bidang KB dan Kesehatan Reproduksi Badan Kependudukan dan KB Nasional (BKKBN), Dwi Listyawardani hadir bersama Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Timur.

Dalam sambutannya, mantan Kepala Perwakilan BKKBN Jawa Timur ini berharap banyaknya Kampung KB di Lamongan bisa bermanfaat untuk program secara nasional.  Pasalnya, selama ini keberhasilan pembangunan SDM di luar Jawa banyak karena diinisiatori oleh migran dari Jawa. Sementara warga Lamongan selama ini dikenal sebagai warga perantau.

Terkait program Kampung KB di Lamongan, dia berharap tidak berhenti karena sudah tercapai 1 kecamatan memiliki 1 Kampung KB. Dwi berharap agar kampung KB lebih ditingkatkan untuk kampung-kampung lain yang dideteksi memiliki ketertinggalan di banding desa lainnya.

Sementara, Kampung KB tersebut sebagaimana disampaikan Dwi Listyawardani sebagai penerjemahan Program Nawa Cita Presiden Joko Widodo, yakni membangun dari pinggiran dalam kerangka meningkatkan SDM yang berkualitas. Karena program dalam Kampung KB itu tidak hanya akan mengurusi pembinaan terkait alat kontrasepsi. Namun juga pembinaan di banyak bidang, mulai balita, remaja hingga lansia sehingga berdampak pada peningkatan SDM dan kesejahteraan.

Lebih lanjut, Bupati Fadeli berharap adanya puluhan Kampung KB tersebut bisa memberikan motivasi dan semangat untuk terus bekerja keras. Dia meminta organisasi perangkat daerah agar memetakan desa-desa lain yang memiliki ketertinggalan dibanding desa lain, untuk kemudian diberikan program pembentukan Kampung KB.

Pada kegiatan siang itu, juga dilaksanakan penyerahan bantuan alat laparascopy dan juga BKB Kit.

Leave a Reply

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Kategori



Archieve



Tag