Lima Wakil Jatim Masuk Nominator Lomba Kesatuan Gerak PKK-KB-Kesehatan Nasional 2012

Lima Wakil Jatim Masuk Nominator Lomba Kesatuan Gerak PKK-KB-Kesehatan Nasional 2012

Lima Wakil Jawa Timur masuk nominator dalam Lomba Kesatuan Gerak PKK-KB-Kesehatan Tahun 2012 Tingkat Nasional. Kelima wakil Jawa Timur tersebut yakni Kota Surabaya dan Kab. Madiun dalam kategori lomba Lingkungan Bersih Sehat (LBS), Kab. Bojonegoro dalam kategori lomba  Posyandu, Kab. Ngawi dalam kategori lomba Perilaku Hidup Bersih Sehat (PHBS) serta Kab. Blitar dalam kategori lomba  Kesatuan Gerak PKK KB Kesehatan.

Tim penilai dari Pusat yang diketuai oleh Susilowati Subekti, tangal 8 sampai dengan tanggal 11 April 2013 telah selesai mengunjungi dan menilai kelima wakil Jatim tesebut.

“Kami berharap Jawa Timur akan meraih juara lagi seperti tahun lalu” ujar Waluyo A. Lukitowati, S.ST, MM, Kepala Bidang Advokasi Penggerakan dan Informasi Perwakilan BKKBN Jatim yang berkesempatan mendapingi TIM Penilai Pusat  selama di Jawa Timur.

Menurut Waluyo Ajeng, Lomba Kesatuan Gerak PKK-KB-Kesehatan tahun 2012 dengan Tema Melalui Kesatuan Gerak PKK-KB-Kesehtatan Kita Perkuat Kelompok Dasawisma & Posyandu dalam Pencapaian MDGs telah dijabarkan oleh para peserta dari Jawa Timur dengan baik.

“Materi peserta dari Jawa Timur cukup bagus, banyak kegiatan inovasi yang diciptakan dalam mendukung di bidang masing-masing. Misalnya dalam pengerakan kader di lini lapangan para PLKB mengadakan pawai keliling untuk promosi KIE Dua Anak Cukup dengan sepeda motor yang diikuti warga setempat. Ada juga yang sudah mengaplikasi program provinsi di desanya, seperti di Blitar ada Pos Gatra yang konsepnya mencontoh dari Pusyangatra yang menjadi program provinsi” tambah Waluyo Ajeng L.

Rangkaian Pelaksanaan Kegiatan Kesatuan Gerak PKK-KB-Kesehatan yang dilaksanakan setiap tahun,  sudah dimulai sejak bulan September 2012 sampai dengan Juni 2013.  Lomba diadakan sejak tingkat Kabupaten/Kota, Provinsi dan Pusat. Penentuan Juara Lomba tahun ini yang secara umum bertujuan untuk meningkatkan cakupan pelayanan berkualitas dalam Program Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga, Keluarga Berencana dan Kesehatan sebagai upaya mendukung Millenium Development Goals (MDGs) akan diumumkan pada bulan Juni minggu ke 2. Sedangkan penghargaan bagi para pemenang menurut rencana akan diserahkan pada perhelatan Hari Keluarga 2013.

Tahun lalu Jawa Timur berhasil menyabet juara diwakili Kabupaten Ponorogo sebagai jaura I Lomba Kesatuan Gerak PKK-KB-Kesehatan 2011 yang Pialanya diserahkan oleh Bapak Wakil Presiden Boediono pada puncak peringatan Hari Keluarga XIX di Lombok, NTB. (AT/ Humas)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *