Manfaat Inisiasi Menyusui Dini

Manfaat Inisiasi Menyusui Dini

Inisiasi menyusui dini (IMD) merupakan proses bayi menyusui segera setelah dilahirkan. Ketika dilahirkan bayi memiliki naluri untuk mencari sumber kehidupannya, yang dibutuhkan hanyalah sentuhan kulit antara bayi dan ibunya dalan satu jam kelahirannya.
Penelitian membuktikan inisiasi menyusui dini pada satu jam kelahirannya meningkatkan keselamatan bayi dan mendorong keberhasilan pemberian ASI eksklusif. Begitu lahir bayi cukup dilap dengan bersih dan tampa dibedong langsung diletakkan di perut atau dada ibunya, biarkan tengkurap agar terjadi sentuhan antara kulit ibu dan bayi, dan reflek merangkak dan menyusui terjadi 20-50 menit kemudian.
Banyak orang tua yang merasa kasihan ketika melakukan inisiasi menyusui dini, karena tanpa pakaian apapun harus dibiarkan mencari putting susu ibu. Sentuhan kulit ibu dan bayi akan menjaga suhu bayi dan menghangatinya saat berusaha mencari putting ibu. Ketika berhasil menemukan putting ibu, bayi akan langsung menyusui dan mendapatkan colostrum yang sangat berharga karena mengandung zat-zat penting untuk kekebalan bayi.
Gerakan bayi yang merangkak ketika melakukan inisiasi menyusui dini dapat membantu menekan rahim dan mengeluarkan hormone yang dapat menghentikan pendarahan ibu.
Jangan menyerah jika bayi menangis selama kurang lebih satu jam mencari puting ibu, ajak bicara dan memberi semangat dapat mempererat ikatan batin antara ibu dan anak.
Inisiasi menyusui dini dan pemberian ASI eksklusif sangat bermanfaat terhadap tumbuh kembang bayi. ASI mengandung zat gizi yang optimal dan mudah diserap untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi, sehingga kemungkinan penyakit muntah dan mencret, saluran pernapasan, mencegah kanker, meningitis, dan mengurangi resiko obesitas ketika bayi dewasa.
Manfaat inisiasi menyusui dini pada ibu meningkatkan produksi ASI sehingga dapat mempermudah menjalankan ASI eksklusif. Kegiatan menyusuii dapat mengurangi resiko terkena kanker payudara, kanker ovarium, dan osteoporosis. Pastikan ibu mendapat nutrisi yang seimbang dan minum banyak air untuk tetap menjaga stamina dan berat badan ibu.
Dengan berhasilnya proses inisiasi menyusui dini maka ibu akan lebih cepat pulih dan lebih banyak beristirahat karena bayi merasa nyaman dengan ibunya.
Sumber: http://www.tentangbunda.com/manfaat-inisiasi-menyusui-dini-2.html

 

Comment (1)

  • Jamkho Semarang Reply

    informasi yang sangat bagus & menambah pengetahuan lebih. terima kasih sudah berbagi.

    15 Februari 2016 at 2:24 PM

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *