“Menuju Pelaksanaan Pendataan Keluarga 2015, Seluruh Kader Pendata dan Supervisor Ikuti Orientasi”

“Menuju Pelaksanaan Pendataan Keluarga 2015, Seluruh Kader Pendata dan Supervisor Ikuti Orientasi”

BKKBN Jatim – Rangkaian kegiatan Pendataan Keluarga 2015 di Jawa Timur saat ini memasuki tahap orientasi bagi kader pendata dan supervisor. Sejumlah 94.086 kader dan 45.911 supervisor secara serentak akan mengikuti orientasi di masing-masing wilayah mulai Senin (18/05) hingga Jum’at (22/05).

Terbagi menjadi beberapa angkatan, setiap angkatan dalam orientasi kader pendata dan supervisor akan mendapatkan bekal materi yang sangat berguna bagi kesuksesan pelaksanaan Pendataan Keluarga 2015. Diantaranya, Manajemen Operasional dan Keuangan, Tata Cara Pendataan Keluarga dan Pemetaan Keluarga, Praktek Pendataan Keluarga dan Pembuatan Peta Keluarga. Serta tak lupa materi tentang Analisis dan Evaluasi, Rencana Tindak Lanjut juga diberikan kepada peserta orientasi.

Diharapkan, para kader pendata yang nantinya secara langsung akan terjun mendata keluarga yang tersebar di 8.507 desa di Jawa Timur ini bisa memahami dengan benar tugas dan ketentuan pelaksanaan Pendataan Keluarga. “Jangan sampai ada keluarga yang tidak terdata,” pesan Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Timur, Ir.Dwi Listyawardani, M.Sc, Dip.Com saat memberikan sambutan apel pagi, Senin (18/05).

Pelaksanaan Pendataan Keluarga Tahun 2015 akan dilaksanakan pada 25 Mei s/d 12 Juni 2015. Namun, Dwi Listyawardani memberikan kebijakan agar para kader bisa segera melaksanakan pendataan setelah mendapatkan orientasi. “Jadi, setelah para kader mendapatkan orientasi di tiap wilayah mereka, mereka bisa langsung melakukan pendataan karena tugasnya banyak sehingga biar bisa mencicil pekerjaan mereka,” tuturnya.

Selama pelaksanaan orientasi kader pendata dan supervisor ini, pihak Perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Timur melalui tim monitoring akan melakukan monitoring secara langsung di tiap kabupaten/kota yang menjadi wilayah monitoringnya. Tim akan melaksanakan pengamatan dan melakukan pendampingan secara langsung jika ada kendala yang dihadapi. Sebelumnya, pada awal Mei 2015 tim sudah melaksanakan monitoring tahap I yakni dimana saat dilaksanakan orientasi bagi manajer desa.

Sumber: Bidang ADPIN Perwakilan BKKBN Jatim

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *