Pelatihan Teknis Medis Operasi Pria (MOP) dengan Metode Vasektomi Tanpa Pisau

Pelatihan Teknis Medis Operasi Pria (MOP) dengan Metode Vasektomi Tanpa Pisau

Salah satu keberhasilan pembangunan di Jawa Timur adalah keberhasilan dalam pensuksesan pembangunan di bidang Keluarga Berencana (KB), dan sebagai salah satu tolak ukur keberhasilan program KB di Jawa Timur adalah terpenuhinya target keikutsertaan pria dalam ber-KB khususnya dalam metode Kontrasepsi mantap pria yang biasa dikenal dengan Medis Operasi Pria (MOP). Dari target yang telah di tetapkan sesuai dengan KKP tahun 2009, pencapaian keikutsertaan KB pria dengan metode MOP sebanyak 3.510 atau sebesar 109,4% dari PPM MOP BKKBN Prop.Jawa Timur yang sebanyak 3.209 peserta. Hal ini cukup mendongkrak pamor Badan Koordinasi Keluarga Berencana nasional Propinsi Jawa Timur sebagai Provinsi yang layak sebagai tolak ukur pembangunan khususnya dalam program KB dimana untuk wilayah lain di negerin ini cukup sulit dalam mencapai target; BKKBN Provinsi Jawa Timur melaju terdepan dalam pencapaian hal tersebut.

 Keberhasilan pencapaian target terhadap keikutsertaan ber-KB dengan metoda MOP tersebut tidak terlepas dari ketersediaannya tenaga medis yang mampu secara professional dan terdidik dalam melaksanakan pelayanan KB khususnya untuk KB pria metode MOP.

Sebagai salah satu Service Center BKKBN Provinsi Jawa Timur; Balai Pelatihan dan Pengembangan KB Nasional (BALATBANG KBN) Provinsi Jawa Timur berkewajiban dalam menyiapkan sumber daya manusia yang berkualitas dan berkompeten dalam pelayanan terhadap Klien/Aseptor KB pria dengan metode Vasectomy Tanpa Pisau (VTP). Merujuk hal tersebut Balatbag KBN mengadakan pelatihan MOP dengan metode VTP dengan melibatkan peserta dokter dan paramedis yang di undang dari Kabupaten/Kota di-Jawa Timur. Dalam kegiatan ini terundang 10 Kab/Kota di Jawa Timur sesuai dengan pengajuan calon peserta pelatihan yang telah di Inventarisir oleh Sie.Penyelenggara Balatbang KB Nasional Provinsi Jawa Timur. Pelatihan yang di laksanakan selama 3 hari; 28 April s/d 30 April 2010. Pelatihan ini bekerja sama dengan Departemen SMF Urologi FK.Unair/RSUD.Dr.Soetomo.

 Kegiatan yang di buka oleh Kepala BKKBN Provinsi Jawa Timur yang dalam hal ini diwakili oleh Kepala Balatbang KB Nasional Provinsi Jawa Timur; Siswanto SH,MM yang sekaligus membuka secara resmi kegiatan ini. Dalam sambutannya beliau menegaskan kembali bahwa pelatihan ini diharapkan mampu menyiapkan personal yang mumpuni dan profesional serta tentunya bekerja dengan standart operasional yang telah ditentukan oleh Ikatan Dokter Indonesia (IDI) bersama juga Dinas Kesehatan; dan tentunya dengan ketersediaan tenaga medis diharapkan akan mampu mendongkrak sekaligus mempercepat pencapaian KKP program KB untuk tahun 2010 dimana data pada bulan Februari baru tercapai  peserta KB Pria dengan MOP sebanyak 655 peserta atau 19,8% dari PPM MOP sebesar 3.309 peserta.

Dengan pelatihan Teknis MOP dengan Metode VTP bagi Medis dan Paramedis akan menjamin ketersediaan tenaga terampil dalam pelayanan bagi klien KB khususnya bagi pria yang siap untuk keluarga mantap ini semakin diminati oleh masyarakat, juga untuk mewujudkan visi Balatbang KB Nasional Provinsi Jawa Timur yaitu “Menjadikan SDM Kependudukan dan KB Yang Unggul dan Kompetitif.(iy-mel;latbang)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *