Pelayanan papsmear dan kesehatan

Pelayanan papsmear dan kesehatan

Batu dalam angka 55 persen penduduk didominasi perempuan, salah satu upaya untuk mengurangi angka kematian ibu (AKI) dilakukan upaya pemeriksanaan secara dini kanker servik dan kanker payudara.

Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian penduduk dan Keluarga Berencana melalui  bidang Keluarga Berencana melakukan kegiatan pelayanan papsmear, sarari dan pemeriksaan kesehatan gratis yang dilakukan selama 3 hari , dengan jadwal :

tanggal 7 Mei 2018 di laksanakan di Balai PenyuluhBatu,

tanggal 8 Mei 2018 dilaksanakan di Balai Penyuluh Bumiaji

tanggal 9 Mei 2018 dilaksanakan di Balai Penyuluh junrejo

Bekerjasama  dengan PKK, IBI, Rotari dan lap Bromo, dr. Susana  selaku kasubid KB dan Kespro mentargetkan 250 Pasangan Usia subur (PUS)  dengan alokasi 10 orang per desa terlayani di kegiatan bulan bakti tersebut. Dari kegiatan yang dilaksanakan terlayani 199 PUS atau79,60 %.

Pemberdayaan kesejahteraan Keluarga (PKK) melalui kadernya berupaya memotivasi PUS agar ikut pemeriksaan papsmear dan IVA test minimal setahun sekali hal ini dilakukan untuk menjaga kesehatan ibu-ibu sehingga bisa tau secara dini apabila mempunyai gejala penyakit yang tidak diharapkan.

Rotari mempunyai kepedulian untuk meningkatkan derajat hidup masyarakat, melalui gerakan bulan bakti kesehatan ini melakukan pemeriksaan tensi dan gula darah secara gratis sehingga warga bisa mengukur batas kenormalan kesehatannya.

Dengan kolaborasi dan kerjasama yang nyata diharapkan tingkat kesehatan masyarakat kota Batu semakin terjaga, sehingga bisa meningkatkan kesejahteraan keluarga .

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *