Pembekalan Pendataan Keluarga tahun 2011

Pembekalan Pendataan Keluarga tahun 2011

Pembekalan Pendataan Keluarga Tahun 2011

Bagi Petugas RR Kecamatan dan Kader Pendataan

Se-Kabupaten Bondowoso

       Dengan dikeluarkannya Undang-Undang Nomor 52 Tahun 2009 tentang Perkembangan Kependudukan dan Pembangunan Keluarga, misi program KB semakin luas. Pengertian keluarga berencana adalah suatu upaya peningkatan kepedulian dan peran serta masyarakat melalui pendewasaan perkawinan, pengaturan kelahiran, pembinaan ketahanan keluarga, dan peningkatan kesejahteraan keluarga untuk mewujudkan keluarga kecil, bahagia, dan sejahtera. Demikian kata Drs. Heru Purwanto, MM, Kepala Badan Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana Kabupaten Bondowoso pada Pembukaan Pembekalan Pendataan Keluarga Tahun 2011 bagi Petugas RR  Kecamatan dan Kader Pendata kemarin (21/06/2011).

Pria asli Bojonegoro ini menjelaskan, sebagai konsekuensi dari perluasan misi tersebut, semua komponen dan perangkat yang terlibat dalam program KB harus menyesuaikan diri. Demikian pula pendataan PUS dan peserta KB yang semula hanya mencakup informasi tentang KB diperluas dengan informasi tentang demografi dan keluarga sejahtera. Lebih lanjut Heru Purwanto mengatakan, pendataan keluarga tahun 2011 bertujuan memperoleh data basis keluarga dan anggota keluarga yang dapat memberikan gambaran secara tepat dan menyeluruh keadaan di lapangan sampai ke tingkat keluarga tentang hasil-hasil pelaksanaan program KB.

Ia berharap, pendataan keuarga tahun 2011 mendapatkan data yang akurat dan valid. “Saya berharap kepada semua pihak yang terlibat dalam proses pendataan keluarga, terutama para petugas RR kecamatan dan kader pendata untuk melaksanakan tugas mulia ini dengan sebaik-baiknya dan saya yakin akurasi dan validitas data keluarga yang kita capai dapat kita wujudkan”. ungkapnya.

Pembekalan pendataan keluarga tahun 2011 bagi petugas RR kecamatan dan kader pendata digelar di Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) pada tanggal 21 Juni 2011, diikuti oleh 242 orang peserta, terdiri atas 23 orang petugas RR kecamatan dan 219 orang kader pendata. Sebagai fasilitator/ narasumber dalam kegiatan tersebut, Drs. H. Suparto, M.Pd, MM (Kepala Bidang Data dan Informasi) menyajikan materi Pendataan Keluarga Tahun 2011 sebagai Langkah Awal Penentuan Sasaran Program KB Tahun 2012, Sumariyati, SE (Kasubid Pengumpulan Data dan Pelaporan) menyajikan materi bimbingan teknis Form Pos Koordinasi (POSKO), dan Vita Musyafiri SE, MM (Kasubid Pengelola Data dan Evaluasi) menyampaikan materi  bimbingan  teknis pengisian Form MDK.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *