Pencanangan Safari TNI KB Kesehatan Tahun 2020 dalam Rangka Revitalisasi Program Bangga Kencana di Kabupaten Lumajang

Lumajang 1 September 2020 –  Sebagai Upaya untuk terus memperkenalkan Program Bangga Kencana kepada masyarakat dan meningkatkan capaian program, BKKBN Jawa Timur melaksanakan Kegiatan Pencanangan Safari TNI KB Kesehatan Tahun 2020 dalam rangka revitalisasi program KB nasional di wilayah kabupaten Lumajang.

Dalam Kegiatan tersebut dihadiri oleh Bupati Lumajang Bapak H. Thoriqul Haq, M.ML,  Dandim Yonif 0821, Letkol Inf. Andi Andriyanto Wibowo, S.Sos, M.I.Pol, Asisten Pemerintahan, bapak Ir. Imam Suryadi, MSi dan Kepala Perwakilan BKKBN Prov Jawa Timur Bapak Drs. Sukaryo Teguh Santoso, M.Pd

Pelaksanaan Program Bangga Kencana dengan prioritas mewujudkan keluarga kecil bahagia sejahtera dimana dalam mewujudkan hal tersebut dan implementasi di lini lapangan perlu adanya dukungan dari berbagi pihak. Salah satunya adalah kemitraan dengan TNI. Kerjasama yang telah terjalin mesra dengan TNI harus terus dijaga, maka
Meski dalam kondisi pandemi, dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan, kegiatan Kesatuan Gerak TNI KB Kes dilaksanakan pada tanggal 1 September di Kodim 0812.

Bapak Bupati Lumajang, H. Thoriqul Haq, M.ML dalam sambutannya menyampaikan pentingnya peran Dandim, Kodim dan Babinsa dalam melakukan penyuluhan kepada masyarakat ,”Selain mendukung Program Bangga Kencana juga mendukung program peningkatan kesejahteraan masyarakat lainnya, Program KB selama ini memberikan dampak yang baik bagi masyarakat, dengan slogannya Dua Anak Lebih Sehat. Selain dari kesiapan organ reproduksi dari segi kesiapan kesejahteraan anak juga sesuai” Ungkap Bupati Lumajang tersebut. “Para Penggerak di lini lapangan harapannya dapat menjadi contoh nyata sebelum mempromosikan Program Bangga Kencana di masyarakat” tambahnya.

 

Bapak Sukaryo Teguh Santoso dalam sambutannya menekankan pentingnya mengetahui risiko kehamilan khususnya dalam kondisi pandemi dimana faskes dipenuhi oleh pasien covid. “Ibu hamil sangat rentan terkena dampak pandemi atau bahkan jatuh menjadi korban pandemi ini sehingga berdampak terhadap calon generasi penerus bangsa, Untuk itu kami harapkan gerakan ini dapat membantu kami memberikan edukasi kepada masyarakat sekaligus Pelayanan KB  secara gratis selama pandemi bahkan bila memungkinkan selamanya” Ujar Pak Tegu sapaan akrab Kaper BKKBN Jawa Timur terebut.

Pada kesempatan itu BKKBN juga menyampaikan apresiasi yang tinggi atas kerjasama yang telah terjalin bersama Mitra BKKBN Jatim “kami sampaikan apresiasi secara khusus berkat dukungan Pemkab dan TNI salah satunya melalui Pelayanan KB Sejuta akseptor telah berperan besar terhadap capaian program KB di Kabupaten Lumajang, yang mencapai 800  (delapan ratus)orang” tambahnya.

Peresmian pencanangan dilakukan secara seremonial oleh Bapak Bupati disaksikan oleh Dandim 0821, Kepala Perwakilan BKKBN Jawa Timur, Asisten Pemerintahan, Kepala Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Perempuan (PPKBPP) Kabupaten Lamongan, Ketua Persit beserta jajaran, Perwakilan Camat, Danramil, Kepala Puskesmas dan Koordinator Penyuluh KB se Kabupaten Lumajang (humas).