Penilaian Kader Kelompok UPPKS Jawa Timur Tahun 2014 Masuki Tahap Wawancara

Penilaian Kader Kelompok UPPKS Jawa Timur Tahun 2014 Masuki Tahap Wawancara

Ada suasana yang tidak biasa di ruang LIBI kantor Perwakilan BKKBN Jawa Timur, siang itu Rabu tanggal 16 April 2014, banyak orang berkumpul di ruang berukuran sepuluh kali enam meter tersebut. Ditengah tampak meja yang dipenuhi hasil kerajinan, ada makanan, ada tas, sepatu, boneka dan aneka kerajinan lain. Sementara di sisi kanan  dan kiri berjajar meja dan kursi. Sebagian ada yang duduk berhadapan, saling tukar bicara.

Itulah suasana penilaian kader Kelompok UPPKS, mereka adalah para juara yang memenangkan penilaian desk audit. Ada delapan kelompok yang berhasil mengikuti jejang  wawancara dan pamer hasil karya di Kantor Perwakilan BKKBN Surabaya. Mereka unggul diantara 30 peserta yang lain.

Kader Kelompok UPPKS yang berhasil masuk delapan besar adalah dari Kabupaten Ponorogo UPPKS Wanita Mandiri dengan Kader Iva Tri Agustina. UPPKS Bugenvil dengan Kader Khusnul Khotimah mewakili Kabupaten Lamongan. Supini dari UPPKS Firsyah mewakili Kabupaten Trenggalek, sedang kota Surabaya diwakili UPPKS Kedurus Sejahtera dengan kader Kartini Hari Asih, Kota Madiun diwakili UPPKS Manggis dengan kader Anik Mustofa, Siti Indayani dari UPPKS Wijaya Kusuma mewakili  Kabupaten Pacitan. Adapun Kabupaten Sumenep diwakili UPPKS Sekar Wangi dengan kader Khoiriyah dan  Kabupaten Bangkalan diwakili kader  Sulastri Djuwita dari UPPKS Andhita.

“Dari delapan kader UPPKS yang mengikuti wawancara ini nantinya akan kami pilih empat besar, dan akan kami kunjungi di lokasi masing-masing” ujar Kasubbidang Pemberdayaan Ekonomi Keluarga Kantor Perwakilan BKKBN Jatim Rini Anggraeni, SE, MM . Ditambahkan untuk penilaian di lapangan ditinjau dari beberapa aspek, tidak hanya keaktifan dalam kegiatan UPPKS, inovasi, daya kreatifitas namun kepesertaan dalam ber KB, metode alat kontrasepsi yang digunakan, serta jumlah anggota keluarga yang dimiliki. Melalui kegiatan UPPKS ini diharapkan terjadi peningkatan ekonomi khususnya yang berasal dari masyarakat Pra Sejahtera dan Sejahtera I.

“Yang kami nilai tidak hanya dari aspek ekonomi saja tapi juga dari aspek KB “ terang Rini Anggraeni. Pemenang lomba UPPKS 2014 sudah harus diumumkan  sebelum 5 Mei, karena segera dikirim ke Jakarta untuk mengikuti lomba pada pertengahan Mei 2014. Para pemenang nantinya akan mmperoleh hadiah yang diserahkan pada hari Keluarga Nasional 2014 yang akan di selenggarakan di Jawa Timur.

Lomba UPPKS sudah dimulai sejak Maret dan penilaian  desk audit sudah dilakukan sejak 10 April oleh tim juri yang terdiri dari 7 orang antara lain dari KADIN, Dinas Pertanian Prov.Jatim, AKU, Koperasi dan UMKM , BKKBN dan lain lain. (AT/Humas Perwakilan BKKBN Jatim).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *