PERCAYAKAH ANDA BAHWA RAMBUTAN BERMANFAAT OBAT?

PERCAYAKAH ANDA BAHWA RAMBUTAN BERMANFAAT OBAT?

Tahukah anda bahwa kadar vitamin C dalam rambutan sangat tinggi, Lebih tinggi dibanding jeruk? Yang tertinggi Vitamin Cnya adalah Aceh Lebak yaitu 71,24 mg per 100 gr daging buah(setara denan daging buah dari 3 butir buah rambutan)

Dengan kadar vitamin yang sangat tinggi tersebut, rambutan sangar bermanfaat bagi kesehatan, karena vitamin C merupakan salah satu antioksidan yang berperan dalam meningkatkan system imun, melindungi gusi tetap sehat, membantu pembuatan kolagen, dll.

Sebagai antioksidan, vitamin C bertindak menghancurkan radikal bebas yang merusak sel-sel tubuh. Sebagai antioksidan pula vitamin C dikenal sebagai antikanker terutama kanker paru, kolon, kandung kemih, pancreas dan payudara.

Nah selain kandungan vitamin C nya yang sangat tinggi, menurut rekomendasi Dr. Setiawan Dalimartha dalam bukunya Atlas Tumbuhan Obat tradisiona, Jilid 3,menuliskan bahwa ternyata rambutan bermanfaat sebagai Tanaman Obat.

Bagian tanaman rambutan yang dapat dijadikan sebagai obat adalah kulit buah, kulit kayu, daun, akar, dan biji.

Berikut contoh resep-resep obat yang direkomendasikan Dr. Setiawan Daliwartha.

DISENTRI

10 Buah kulit rambutan, cuci dan potong-potong, rebus dengan api kecil dalam 3 gelas air bersih sampai tersisa setengahnya. Setelah dingin, saring, dan minum 2 kali sehari masing-masing ¾ gelas.

DEMAM

15 gr kulit rambutan yang sudah dikeringkan, cuci, rebus dengan 3 gelas air bersih sampai mendidih selama 15 menit. Setelah dingin, saring dan minum 3 kali sehari masing-masing 1/3 bagian

PERAWATAN RAMBUT

Daun rambutan secukupnya, tumbuk halus. Tambahkan sedikit air aduk rata sampai menjadi bubur. Peras dan saring dengan sepotong kain. Airnya dapat digunakan untuk membasahi kulit kepala. Diamkan 15 menit, bilas sampai bersih.

 

Menjadi wanita seutuhnya tidak tergantung pada bentuk tubuh yang indah, pada kemampuan mengasuh anak dan menjadi ibu yang sempurna, menjadi partner seks yang hebat, dan bahkan seorang dengan karir yang sukses, melainkan mengacu pada sifat kewanitaan yang alami adalah gabungan dari intuisi dan wawasan, yang dikombinasikan dengan cinta yang mendalam dan hati yang terbuka.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *