Peringati Harganas XXVII , Bupati Malang Dukung BKKBN Cetak SDM Unggul dan Keluarga Berkualitas

Malang – Bupati Malang,Drs.H.M.Sanusi,M.M membuka peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas ke XVII) yang digelar di Pendopo Kabupaten Malang di Kepanjen, Kamis (02/07/2020). Peringatan Harganas itu digelar dengan menerapkan protokol kesehatan dan turut hadir secara langsung Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Timur, Drs Sukaryo Teguh Santoso, M.Pd beserta Ibu Ketua DWP Jawa Timur, Ibu Dra Dewi Kurniaty Teguh. Dalam Acara yang diselenggarakan oleh Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Malang Ini juga dihadiri oleh Ibu Ketua TP PKK Kabupaten Malang, Kepala Dinas PPKB Kabupaten Malang Dra Sri Wahyuni Puji Lestari, Sekda Kabupaten Malang, Ir Wahyu Hidayat, MM, Kepala Balai Diklat Malang Nyigit Wudi Amini, S. Sos, MSc dan Beberapa Kepala Dinas OPD di Kabupaten Malang.

Dalam sambutannya Bapak Sanusi mengungkapkan bahwa Untuk menciptakan keluarga yang cerdas dan unggul  itu dimulai dari  anak yang sehat dan kuat, hal itu hanya bisa dicapai dengan perencanaan keluarga yang tepat di rencanakan dari awal bagaimana gizinya, bagaimana kesehetan ibu nya. “Pemerintah memiliki beberapa program untuk menciptakan SDM yang Unggul dan itu dimulai dari  anak yang sehat dan kuat, hal itu harus di rencanakan dari awal, bagaimana gizinya, bagaimana kesehetan ibu nya” ungkap Pak Sanusi.

“Perlu diingat, bahwa keluarga unit terkecil dalam masyarakat. Maka dari itu keluarga harus kuat serta berkualitas,” ujar Sanusi dalam sambutannya. Menurutnya keluarga harus berkualitas. Lantaran keluarga juga bagian dari pembangunan yang dilakukan oleh pemerintah di berbagai tingkatan. “Oleh karena itu, keluarga menjadi wadah yang paling sempurna untuk menanamkan tiga nilai revolusi mental yakni integritas, etos kerja dan gotong royong,” ungkapnya.

 

Melihat peranan strategi dari keluarga, kata Sanusi, tentu tidak berlebihan apabila Pemkab Malang untuk terus mendukung secara aktif program kependudukan. “Karena pada dasarnya pembangunan tersebut bukan hanya pengendalian laju pertumbuhan penduduk semata, namun juga membangun sumber daya manusia,” jelasnya.
Selanjutnya Bupati Malang, Drs H M Sanusi MM mendukung Dinas Pengendalian Keluarga Berencana yang juga memaknai Harganas ke XXVII ini dengan memanfaatkan teknologi sesuai perkembangan zaman kian modern. Dalam Kegiatan itu Bupati Malang secara resmi menandatangani Prasasti Peresmian Gedung Balai Penyuluh KB di 2 (dua) Kecamatan di Kabupaten Malang dan pemberian bantuan untuk Program Bangga Kencana. Bantuan yang diberikan oleh Bupati Malang diantaranya Genre Kit kepada duta Genre, kemudian ada bantuan PKBM kit, bantuan almari kepada Puskemas Tajinan dan santunan kepada anak yatim piatu.
Tak Lupa Bapak Bupati juga memberikan apresiasi kepada seluruh Penyuluh KB, kader dan duta genre yang turut mensukseskan Harganas dan mendukung program Pembangunan SDM di Kabupaten Malang “ Penyuluh KB, Kader dan Duta Genre memiliki kiprah sangat penting. Terutama dalam mensosialisasikan pentingnya kependudukan yang terencana, jangan lupa jika sosialisasi kepada keluarga ingatkan juga konsep keluarga SAMAWA dan juga terus bantu mereka untuk menciptakan keluarga kecil bahagia sejahtera yg mandiri” pungkas Bupati Malang Sanusi.

Sementara itu Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Timur, Drs Sukaryo Teguh Santoso, M.Pd mengucapkan terimakasih atas dukungan Bapak Bupati dan Pemerintah Kabupaten Malang terhadap Program Bangga Kencana di Kabupaten Malang “Kami berterima kasih kepada pemerintah daerah yang telah memberikan perhatian dan dukungan dalam penyelenggaraan pembangunan bidang Pengendalian Penduduk dan KB” Ungkap Pak Teguh sapaan akrab Kepala BKKBN Jatim itu
“Kami optimis, keberhasilan program KKBPK Jawa Timur akan terpelihara dengan baik, karena saat ini Jawa Timur memiliki asset yang luar biasa, yaitu para pimpinan daerah yang memiliki komitmen tinggi terhadap program KB” tambah Pak Teguh.

Pada akhir kegiatan Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Timur memberikan pembinaan kepada Seluruh Penyuluh KB dan PLKB Non PNS yang hadir dalam kegiatan tersebut dan menitipkan untuk terus mendukung program Bangga Kencana sekaligus membantu pemerintah dalam mensosialisasikan protokol kesehatan sebagai upaya memutus rantai penyebaran Covid-19 di Masyarakat (humas)