Peringati Hari Anak Nasional, Wagub Tegaskan Prioritas Orang Tua Mengasuh dan Melindungi Anak

BKKBN Jatim – Puncak Acara Peringatan Hari Anak Nasional Provinsi Jawa Timur diselenggarakan pada Selasa (01/09). Acara yang digelar di Wisata Bahari Lamongan (WBL) ini mengambil tema: “Wujudkan Lingkungan dan Keluarga Ramah Anak di Provinsi Jawa Timur”. Kegiatan yang meriah ini dihadiri oleh Wakil Gubernur Jawa Timur (Gus Ipul) beserta istri, pihak Perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Timur, Bupati Lamongan serta seluruh kepala SKPD di lingkungan Pemerintah Provinsi Jawa Timur.

Kreativitas anak-anak semakin menyemarakkan acara. Paduan suara SD se-Kabupaten Lamongan menggema di lokasi acara. Tarian selamat datang dari SDN Kembangahu Lamongan dan juga kesenian gamelan pun semakin menambah kemeriahan acara yang dipandu oleh Kak Ria Enes yang terkenal dengan boneka susan dan Taufiq Monyong.

IMG-20150901-WA0002
Dalam sambutannya, Gus Ipul menegaskan bahwa dengan peringatan Hari Anak Nasional, maka peran orang tua dalam mengasuh dan melindungi anaknya adalah menjadi sebuah prioritas. “Tugas dan tanggung jawab orang tua adalah memberikan nama baik, pendidikan yang baik dan menjadi tauladan bagi anak-anaknya,” ujarnya.

Ia menambahkan, untuk mencapai itu semua, ada beberapa faktor yang perlu diperhatikan dan dipenuhi. Diantaranya, rasa aman dan nyaman bagi anak-anak dalam melakukan aktivitas sehari-hari, kebutuhan air minum dan sanitasi yang baik, kebebasan anak-anak untuk bermain, bebas polusi, serta hidup dengan lingkungan sosial yang baik dan luas.

“Untuk memperoleh generasi pemimpin Jatim yang baik, maka peran keluarga perlu ditingkatkan melalui kerjasama dengan pendidik dan pengelola pemerintahan,” pungkasnya.

Sumber: Bidang ADPIN BKKBN Jatim, Bidang Latbang BKKBN Jatim dan Bidang KB BKKBN Jatim