Pesan Peringatan Hari Populasi Sedunia 2015

Pesan Peringatan Hari Populasi Sedunia 2015

Populasi penduduk bumi saat ini mencapai lebih dari 7,3 miliar manusia. Hal ini tentu akan menimbulkan banyak tantangan dan permasalahan. Di Indonesia yang saat ini jumlah penduduknya diperkirakan mencapai 245,6 juta lebih, saat ini menjadi negara dengan jumlah populasi terbesar keempat di dunia setelah China, India dan Amerika Serikat.

Pada peringatan Hari Populasi Sedunia (World Population Day) yang diperingati setiap tanggal 11 Juli, United Nations Population Fund (UNFPA) mengangkat tema “Vulnerable Populations in Emergencies” sebagai tema global Hari Populasi Sedunia. Tema ini di Indonesia dialihbahasakan menjadi “Melindungi Penduduk Rentan Dalam Situasi Bencana”.

Dalam kesempatan peringatan Hari Populasi Sedunia 2015, Dr. Babatunde Osotimehin, UNFPA Executive Director menyampaikan beberapa hal penting. Salah satu prioritas UNFPA adalah untuk memberdayakan dan melindungi kaum wanita, perempuan muda dan anak-anak muda. Mengingat, saat ini masih banyak situasi yang tidak menguntungkan bagi para wanita. Padahal, wanita dan perempuan muda juga menghadapi resiko yang lebih rentan baik itu caci maki, eksploitasi seksual kekerasan dan perceraian.

Sesuai dengan tema tahun ini, UNFPA akan menekankan pada kebutuhan khusus para kaum wanita dan para gadis dalam menghadapi konflik dan bencana kemanusiaan. UNFPA akan meyakinkan bahwa hak seksual dan hak reproduksi para kaum hawa akan dilindungi.

Lebih lanjut, ia mengharapkan agar kalangan internasional juga meningkatkan usaha dalam melindungi kesehatan dan hak para kaum hawa. Mereka harus mendapatkan peran yang sesuai dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu, peran pemerintah melalui hukum juga berperan penting. Para pelaku kejahatan seksual harus mendapatkan hukuman yang setimpal. Dengan memprioritaskan kesehatan, hak dan partisipasi kaum hawa dalam kehidupan sehari-hari, maka perdamaian dunia juga tentu bisa diciptakan.

Sebagai informasi, Hari Populasi Dunia yang sudah diperingati sejak 1989 ini ditujukan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dunia terhadap masalah populasi dunia. Peringatan Hari Populasi Sedunia diinspirasi oleh tanggal 11 Juli 1987 yang diperkirakan tepat pada tanggal tersebut jumlah populasi penduduk dunia mencapai lima miliar orang.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *