PLT. Deputi Bidang ADPIN : Tindak Lanjuti MUPEN On the Road dalam Event Kabupaten/ Kota

PLT. Deputi Bidang ADPIN : Tindak Lanjuti MUPEN On the Road dalam Event Kabupaten/ Kota

Sabtu pagi, (16/11) MUPEN On The Road Lintas Jawa Timur Tahun 2013 Etape I diberangkatkan di depan alun – alun Kabupaten Jember oleh PLT. Deputi Bidang Advokasi Penggerakan dan Informasi (ADPIN) BKKBN, Darlis Darwis, SE, MM didampingi PLT. Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Timur, Asisten II Bidang Ekonomi Pembangunan Kabupaten Jember, Kepala Diklat KKB Jember serta Kepala Bidang ADPIN Perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Timur.

Dalam sambutannya, PLT. Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Timur, Dra. Suhartuti, MM menyampaikan bahwa kegiatan MUPEN On The Road Jawa Timur 2013 yang diselenggarakan guna mendukung Program PKK KB – Kesehatan ini pada Etape pertama, dimulai dari  Jember kemudian melewati Bondowoso, Situbondo, Probolinggo, Pasuruan dan Malang. Kemudian Etape kedua diberangkatkan dari Kota Malang menuju Blitar, Tulungagung, Trenggalek, Kediri, Jombang, Mojokerto, Sidoarjo dan berakhir di Surabaya. Kegiatan selama 3 hari ini melibatkan 41 Mobil Unit Penerangan KB dari Kabupaten/ Kota se Jatim, dan di tiap Kabupaten/ Kota rombongan MUPEN akan diiringi pawai motor Penyuluh Lapangan KB.

“Selain menggelar MUPEN On The Road Jawa Timur Tahun 2013, dilaksanakan pula pelayanan KB gratis secara serentak yang diberi tajuk Pelayanan IUD Emas di 38 wilayah Kabupaten/ Kota se Jawa Timur. Kemudian, puncaknya akan digelar Temu Sapa Gubernur Bersama Kader PKK, Kader KB Gardalila dan PLKB Provinsi Jawa Timur pada hari Senin, 18 November 2013 di Universitas Airlangga Surabaya,” tuturnya.

PLT. Deputi Bidang ADPIN BKKBN, Darlis Darwis, SE, MM mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan kegiatan sosialisasi informasi program Kependudukan KB bagi masyarakat luas. Dan diharapkan selanjutnya bisa ditindak lanjuti pelaksanaannya oleh pemerintah daerah.

“Jangan berhenti sampai disini. Bila memungkinkan MUPEN On The Road ini dapat dilaksanakan bersamaan dengan event yang menjadi tradisi di wilayah Kabupaten Kota. Seperti misalnya di Jember beberapa saat lalu, ada Jember Festival Carnaval yang gaungnya terdengar sampai ke mancanegara. Boleh saja, pawai MUPEN dilaksanakan bersamaan,” sambungnya.

Sementara itu, Asisten II Bidang Ekonomi Pembangunan Kabupaten Jember, Drs. Slamet Urip Santoso, M.Si mengutarakan bahwa Program Kependudukan dan Keluarga Berencana akan berhasil bila mendapat dukungan dari semua pihak dan dilakukan sosialisasi program KKB secara berkesinambungan.

“Untuk itu, kegiatan ini diharap dapat memberikan manfaat secara luas untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat yang menjadi sasaran program KB sehingga ikut mendukung pelaksanaan program KB antara lain dengan menjadi akseptor KB,” pungkasnya.

Sabtu petang, rombongan MUPEN On The Road Lintas Jatim tiba di Kabupaten Malang dan beristitahat di UPT Kesehatan Masyarakat Murnajati, Lawang, Malang. Untuk selanjutnya memulai Etape II pada Minggu pagi (17/11) dari Kota Malang. (Humas)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *