Ramaikan Puncak Acara Harganas ke-28 Dharma Wanita Persatuan Perwakilan BKKBN Lakukan Berbagai Kegiatan

Surabaya – Terbitnya Keputusan Presiden Republik Indonesia No. 39 Tahun 2014 tentang Hari Keluarga Nasional (HARGANAS) yang diperingati setiap tanggal 29 Juni dan bukan merupakan hari libur, telah menjadi titik awal diselenggarakannya Hari Keluarga Nasional di Indonesia yang hingga saat ini telah dilaksanakan untuk yang ke-28 kali pada Tahun 2021 ini.

Dalam rangka memperingati Hari Keluarga Nasional XXVIII Tahun 2021, Dharma Wanita Persatuan Perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Timur turut serta menyemarakkan dengan berpartisipasi menggagas berbagai rangkaian kegiatan bagi keluarga besar Anggota Dharma Wanita Persatuan Perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Timur. Puncak acara rangkaian kegiatan Harganas ke-28 diselenggarakan pada Selasa (29/6/2021) di Ruang Lestari kantor Perwakilan BKKBN Jawa Timur, jalan Airlangga no.31-33 Surabaya.

Hadir dalam acara, Ketua TP-PKK, Arumi Bachsin, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur, Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Timur, Drs. Sukaryo Teguh Santoso, M.Pd., beserta Sekretaris badan, Koordinator Bidang, Ketua Dharma Wanita Persatuan Perwakilan BKKBN Jawa Timur beserta beberapa pengurus dan para undangan penerima penghargaan, serta perwakilan BNI.

Ibu Dra. Kunkun Dewi Kurniaty, Ketua DWP BKKBN Jatim menyampaikan bahwa keluarga memang unit terkecil dalam masyarakat, tetapi keluarga memiliki peran besar dalam keberhasilan menekan dampak pandemi Covid-19 dan kesuksesan menuju era normal baru. Oleh karena itu dalam rangka Hari Keluarga Nasional (HARGANAS) Ke-28 Tahun 2021 ini, kita semua diingatkan kembali peran pentingnya sebuah keluarga. Tidak hanya berperan penting dalam mewujudkan SDM berkualitas tetapi juga berperan dalam pencegahan stunting serta menjadi kunci utama dalam menekan wabah pandemi Covid-19 dan kunci utama dalam kesuksesan memasuki era normal baru.

Berawal semangat kebersamaan dalam menjalin silahturahmi dengan seluruh anggota, semarak DWP diawali dengan Kajian Sakinah dengan tema Mewujudkan Keluarga Keren Dengan Istiqomah Beribadah dan Berkarya, pada tanggal 18 juni 2021, oleh Ibu Nyai Hj. Chomsatun Hidayat Al-Hafidzo. Rangkaian kegiatan selanjutnya DWP BKKBN Jatim menyelenggarakan berbagai giat bhakti sosial, diantaranya:

1. Pelayanan Papsmer Gratis bagi pengurus dan anggota DWP (Isteri ASN dan PPNPN) di lingkungan Perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Timur sebanyak 50 peserta, yang dilaksanakan pada tanggal 28 Juni 2021 di Pusyan Gatra BKKBN Jatim bekerjasama dengan PKBI Jawa Timur“Pelayanan Papsmer Gratis” ini sebagai upaya peningkatan kualitas derajat kesehatan wanita utamanya Pengurus dan Anggota DWP Perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Timur.

2. DWP Berbagi, dengan bersama-sama bergotong-royong mengumpulkan dan memberikan minimal 1 (satu) pakaian baru, baik berupa baju dewasa laki-laki/perempuan/anak-anak yang akan diberikan kepada seluruh Pegawai Pemerintah Non Pegawai Negeri (PPNPN) dan keluarga besar di lingkungan Perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Timur.DWP BKKBN Jatim Berbagi, Pakaian Baru untuk Kebahagiaan Keluarga, Saatnya Berbagi untuk Sebuah Senyuman. Dari lingkungan keluarga terdekat dahulu, karena Hari Keluarga adalah bukan dari hal apa yang besar tetapi mulai dari yang kecil dengan berbagi kebahagiaan di lingkungan kita.

3. Pelayanan Swab PCR Gratis, bagi pengurus dan anggota DWP (ASN dan PPNPN) di lingkungan Perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Timur sebanyak 50 peserta, yang dilaksanakan pada tanggal 29 Juni 2021 di Pusyan Gatra BKKBN Jatim bekerjasama dengan Puskesmas Mojo Surabaya.

“Mari kita jadikan Hari Keluarga 29 Juni 2021 merupakan momen untuk memperkuat fungsi keluarga sebagai tempat untuk memberikan perlindungan, kasih sayang dan menjaga kesehatan setiap anggotanya. Jaga keluarga kita dari risiko stunting dan seluruh anak Indonesia harus bebas stunting”, pungkasnya.

Selamat Hari Keluarga Nasional ke-28 Tahun 2021 bagi seluruh keluarga di manapun berada khususnya keluarga Jawa Timur. Salam sehat untuk keluarga tercinta. (humas)